Minggu, 20 April 2014

Catatan 1 Inaugurasi FLP, Aceh

Welcome back roommm..

Akhirnya, setelah 3 hari 2 malam meninggalkan kamar dengan wangi "morning freshness" ini untuk ber- inaugurasi, sore kemarin gue kembali dengan selamat :') "Mama here, dear" *ngomong ama kamar*

Sore kemaren, setelah bus berhenti di Masjid Oman, semua peserta turun. Saya sendiri, bareng sama kak ika, kak rizka, kak aya, kak nurul, dan beberapa anak cowo (saya gatau itu abang apa satu angkatan, jadi saya general-in aja ya) langsung duduk di halte, nungguin labi-labi (sebutan untuk angkutan umum di Aceh). Udah lama, euy ga naik labi-labi.

***

Kita cerita Inaugurasi Forum Lingkar Pena, Aceh aja yah..
Acara ini dilaksanakan hari Jumat-Minggu tanggal 18-20 April 2014. Di desa Lubuk, Aceh Rayeuk (di kampung saya itu sebenernya, hehe).

Tiga hari ini gue mengorbankan banyak hal demi Inaugurasi ini. Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa FK Unsyiah, acara wajib sebagai syarat akhir kelulusan buat calon anggota BEM FK. Dan, itu berarti secara ga langsung gue menggagalkan diri gue sendiri sebagai calon anggota BEM. Padahal udah ikut magang, dan lain lain. Gapapa, demi FLP :') *tsahhh*.
Selama disana juga gue mengorbankan acara "SI CUP 2014 BEM FK", karena 3 hari Inaugurasi sukses bikin gue meninggalkan gadget gue. Jadi, gaada komunikasi. paling malem baru liat HP sama Tab, dan pesan udah numpuk banyak. Isinya minta diisiin pulsa semua, mweheheh *bayangin se-keren apakah Inaugurasi ini sampe gue bisa ninggalin gadget di kamar. Rapat presidium Si Cup feat presidium BEM FK juga saya korbankan. Dan, waktu belajar juga, soalnya senin-rabu berturut turut ada tentamen dan ujian blok. Tahfidz juga, *hiks, maaf yaAllah, minggu depan nyetor kok insyaAllah*. Yang hampir gue korbankan adalah dua mata kuliah, MKU Agama dan ISBD. Kenapa hampir? Soalnya pas gue mau nganter surat izin ke temen gue, katanya MKU nya diliburin :D rejeki emang ga kemana :') Satu-satu nya yang ga berani gue korbankan adalah... Inhal Praktikum Fisiologi. Nanti kita ceritakan

***

Dengan menaiki bis Damri dan mobil avanza, 26 peserta Inaugurasi FLP berangkat ke Lubuk. Setelah istirahat dan pembagian kamar, gue dapet kamar 1, bareng sama Kak Icha, Kak Aiza, Kak Nauva. Setelah Isya, kita pembukaan dan ta'aruf-an di aula. Dan acara ta'aruf-an nya gak biasa banget. FLP #antimainstream juga ternyata B) jadi menanyakan nama sesama peserta nya, gak boleh langsung "nama kamu siapa?" haram itu. Misal gini, "Eh, minta nomer HP nya dong, boleh?" "Boleh. Nih.. 085xxxxxxxxx" "Oke, aku simpen ya. Eh, aku harus tulis apa nih di kolom namanya?" "*sebutin namanya*". ya gitu kurang lebih. Kalo ga ngerti, telen aja dulu.

Dan, gue.. Sayang beribu sayang, masih tetap memegang tradisi diri yang kuat yang sebenarnya terlarang, yaitu : ga berani ngomong di forum yang baru. Jadi walaupun punya ide untuk pertanyaan ta'aruf, saya diem-diem aja. Ga berani ngacung. Payah memang *tutupin muka* jadi saya cuman nungguin sampe hampir semua peserta udah maju, baru berani. Ckck, saya selalu bertekad buat menghilangkan kebiasaan jelek ini, tapi... selalu saja, uh.

Malamnya setelah semua selesai, kembali ke kamar. Orang-orang abis ngobrol langsung tidur. Gue masih mengejar deadline tulisan buat bulletinnya LDF Asy-Syifaa' FK Unsyiah. baru kelar jam setengah satu. Setelah berjuang, eh, berantem sama sinyal maksutnya, akhirnya tulisannya sukses terkirim via email. Dan sebelum menutup mata, gue sempatkan diri melihat grup FB nya Pendidikan Dokter 2013. Dan... jeng jenggg.. Surprise, nama gue tercantum disana untuk ikutan inhall praktikum fisiologi besok jam 10 pagi. Mendadak. Oke, besok pagi gue harus izin.

***

Pagi, sebelum shubuh, gue minta izin pulang soalnya ada praktikum fisiologi. Alhamdulillah diizinin, dan langsung disuruh pergi waktu itu juga, pagi itu juga. Soalnya ada Kak Ayi, Bang Aslan sama Bang Adit juga yang mau balik ke rumah masing-masing. Jadilah gue pagi itu, baru melekin mata. Dengan muka bantal dan seadanya, akhirnya gue dipinjemin motor Kak Siti buat pulang. Kak ayi pisah sama kita di Simpang Surabaya. Gue ke Darussalam dan di anter ampe depan rumah sama Bang Aslan sama Bang Adit. Ga enak sebenernya, tapi gue juga serem kalo balik sendiri. Apalagi jalanan abis gerbang kopelma, ummi gue bilang disitu rawan maling. Jadilah gue ngangguk aja pas dibilang mau dianter ampe Darussalam.

Sepanjang praktikum otak gue melayang ke Lubuk, meninggalkan dua kelas kepenulisan gue disana. Setelah praktikum gue langsung balik ke rumah, ganti tas, dan langsung caw tanpa ganti kostum dulu. Gue kesana bareng sama Kak Husna, ketua humas FLP B)

Kelas ketiga, "Menulis itu mudah" menjadi kelas pertama gue siang itu. Diisi oleh Bang R.H Fitriadi. Beliau bilang, kalau mau mudah menulis, kita harus merasa menulis adalah kebutuhan dan kita terus menulis dan menulis terus. Kayak kita bernapas, kita merasa butuh bernafas dan kita bernafas kan terus menerus. Nah, biar bisa menulis secara kontinyu, penulis harus sabar. Kesabaran itu perlu.

Bakda Ashar, Bang Muhadzdzir M. Salda ngasih materi di kelas "Menghajar media massa dengan artikel". Judulnya agak ekstrim, eits tenang.. kita ga belajar jurus tendangan kaki gajah atau jurus totok bangau kok. Kita diajarin tips dan trik nya kalo mau ngirim artikel, ke media massa.

Setelah istirahat maghrib dan mamam malam :3 kita kedatangan 3 diva kece B) ahaha, 3 pemateri. Banyak amat? Iya, soalnya kita mau bedah cerpen malam ini. Seruuu dan.. lamaa.. haha. Disini kita dibagi dua kelompok untuk membahas masing-masing satu cerpen. Dan terakhir semua dibahas bersama. Salah satu poinnya, kami diajarkan bahwa dalam sebuah tulisan, kita bisa tau apa ideologi si penulis. Kalo ga salah materi ini selesainya rada malem. Tapi gapapa, gue seneng denger penjelasannya kak Nuril yang jelas singkat padat dan berisi coklat keju *salah fokus laper*. Di materi ini gue mengalami sedikit uprit kemajuan : gue berani ngasih pendapat di forum diskusi cerpen gue. Walaupun ngomongnya dikittt doang. Hahaha

Dan materi terakhir malam iniiiii.. materi papo (baca: favorit) gue "Saatnya Menulis" oleh Bang Ferhat Mochtar. Gue suka materinya, soalnya langsung praktek, jadi gue ga ngantuk-ngantuk amat. Kita disuruh bikin cerita dari kata-kata, video dan gambar yang ada. Dan disini.. FYI, gue nulis cerita fiksi disini. Padahal selama ini gue selalu anti sama cerita fiksi. Tapi dr 3 cerita yg disuruh, cerita yang jadi cuman satu. Cerita lanjutan dari video. Nanti kita posting yaa.. Dan disini, gue bertekat harus berani ngacungin tangan buat ngomong kalo mau tidur nyenyak nanti malam tanpa beban dan pikiran "yaampun kenapa tadi gue gak ngacung dan nanya sih? Atau kenapa tadi gue ga maju ke depan sih?". Akhirnya dengan segenap jiwa raga dan keberanian jadi satu, ditambah semangat dari Kak Ayi yang selalu koar koar dari sejak malam pertama inaugurasi, "ayo Hilwa Hilwa, maju dek, maju" akhirnya gue ngangkat tangan pas ditanya siapa yg mau bacain cerita yg udah dibikin. Huahh.. dan ternyata, sesuai kata hati gue, pas maju kedepan deg deg-annya ilang. Biasa aja. Susah nunjuk tangan aja nih si iwa, sama takut pertanyaannya gak mutu atau karyanya jelek. Dannn.. you know? Materi nya selesai saat jam dinding tak sabar lagi mencapai angka 1. Mantep banget deh ini semangat nya. Tapi gue ga ngantuk loh, tumben. Biasanya jam 10 udah mencapai alam mimpi, udah say good bye to universe. Sebenernya anatara semangat dan resah, soalnya belum ngerjain tugas resensi dan wawancara sama sekali, heheh. Dan dan dannn.. materi malam, eh pagi itu ditutup dengan MIMPI. Bang Ferhat nyuruh kita buat nulisin 100 mimpi kita. Gue cuman sempet nulis 11 mimpi gue malem itu. Nanti gue selesain dan post di blog ini ya^^

Untuk perjuangan gue dan temen temen sekamar gue ngerjain tugas ampe larut dan hari terakhir Inaugurasinya to be continue yakkkk.. Kakak mau belajar dulu, dek. Besok ujian akhir praktikum anatomi blok neuromusculosceletal and special sense. Wish me luck :D

Tanoh lon sayang {} Hari Kartini, 6:39 PM

19 komentar:

  1. Semangat Hilwa!!!
    nnti dipost ya mimpi2nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semangat!!! Makasih Bang Ferhat :D
      Okee.. digenapin 100 dulu hehe

      Hapus
  2. keren... ikut nimbrung juga ah

    BalasHapus
  3. seneng bisa berkoar-koar buat hilwa.. ahahaha welcome, darl. akhirnya kita bareng lg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh seneng juga disemangatin Kak Ay {} iyaaa kemanamana ketemu kak ayi nih aku yeyeye

      Hapus
    2. semoga ga bosan-bosan ya ketemu kakak u.u

      Hapus
  4. gak keren. gak ikut senam pagi.. yohuhu

    BalasHapus
  5. yeee.. semangat wa.. nama kami disebut.. hhaa

    BalasHapus
  6. Selamat bergabung Hilwa di FLP Aceh, semoga tidak bosan dan bahagia. Semangat! :D

    BalasHapus
  7. Semoga langgeng di FLP Hilwa. Salam kenal.
    Kmi ga full time, jd ga kenal2 x sma xan smua.

    BalasHapus
  8. hilwaaaa seru banget kayanya kegiatannya.__.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa emang seru bangetngetnget ren >< baca baca lanjutan ceritanya^^

      Hapus
  9. adek hilwa kamu beruntung,
    Akak senang x bisa ikot inaugurasi FLP selama tiga hari dan saya meliburkan diri dari Lab secara bahagia...
    :)

    BalasHapus