Jumat, 23 Mei 2014

Tentang Mimpi Nomor DUA

Finally, saat yang gue tunggu-tunggu dateng juga.
"Pengumuman Kelulusan Asisten Dosen Anatomi"
Mau mati rasanya kayak pengumuman SBMPTN *versi lebay. Tapi beneran loh, ini tuh... Sesuatu, kayak mimpi.
Gak tau harus seneng apa sedih. Rasanya nano-nano. Senang karena harapan gue disampaikan oleh Allah, takut karena khawatir akan amanah yang akan di bebankan, menerka-nerka akan jadwal yang lebih padat, khawatir kalo apa yang diharapkan dosen dari gue ga bisa gue kasih, ahh.. Allah, mudahkan urusan kami.
Teringat juga petuah-petuah kakek gue semalem,
abis pulang dari sholat Isya. Bagaimana dengan keilmuan kita bisa mengangkat derajat islam, membuktikan hadits dan ayat Quran yang terkait dengan kesehatan. Juga nurunin ilmu asrama bin pesantren gue ke ade-ade nanti. Tentang jaga kesehatan, jaga hafalan Qur'annya juga. Bagi waktu antara kuliah sm ngajar. Petuah kakek gue selalu oke dan ngena. Ya, baru benar-benar terasa amanahnya kalo udah gini.

***
Gue pertama kali mimpi jadi asisten dosen (asdos) anatomi waktu semester satu. Waktu itu lagi cerita-cerita sama asdos pembimbing kelas gue. Kakak asdos nya cerita, gimana seleksi jadi asisten, dari awal sampe pengumuman. Blabla ini itu. Dulu, cerita itu semacam terlalu tinggi untuk diraih. Tapi, gue beranikan diri bermimpi. Kemudian berbagi mimpi ke Maulida, ke Hiro, juga ke temen-temen kelas B 05.
Inget banget, pas praktikum anatomi tentang hati atau hepar. Waktu itu praktikum sudah dimulai, kelas kami sudah duduk rapi melingkar di pos hepar, tapi kakak asdos belom dateng. Dan yang kemudian gue lakukan adalah.. Ngambil preparat hepar, trus gue pura-pura berlagak sebagai asisten "assalamu'alaikum adik-adik  perkenalkan nama kakak Hilwa Salsabila dari pendidikan dokter 2013, hari ini kita akan belajar tentang hepar ya, Dek", temen sekelas gue yang jumlahnya 10 orang itu langsung pada ketawa geli, sambil ngaminin. Ada juga yang bercanda "wkwk, itu sih jadi kayak ustazah mau kasih ceramah, hahaha", gak gue masukin ke hati, namanya juga becanda :)
Kemudian gue mulai melupakan mimpi itu, tenggelam oleh acara ini-itu. Sampe akhirnya, ada kabar kalo Open Recruitment (OR) asisten anatomi mau dibuka. DEG! Daftar gak ya? Gue jadi ragu. Kalo syarat buat daftar insyaAllah sih, memenuhi semua syarat akademiknya. Setelah tanya sana-sini dan akhirnya gak sengaja menemukan poster OR nya di belantara timeline twitter, gue memutuskan untuk daftar.
Poster OR asdos anatomi

Alasannya? Karena praktikum anatomi sudah selesai untuk kami, maka tak ada lagi praktikum anatomi sampai kami koasisten di rumah sakit nanti. Trus gue bingung, 2.5 tahun tanpa belajar intensif anatomi? Mau gue apain pasien gue nanti?. Selain itu, gue merasa belum maksimal belajar anatomi setahun ini, gue cuman bisa liat si kakak nunjukin bagian-bagian organnya aja, ga pernah megang langsung. Yang paling utama, amal jariyah, bro! Kalo gue ngajarin orang dan orang yang gue ajarin make ilmunya, sampe dia jadi dokter nanti, sampe dia menyelamatkan pasien sekarat, pahala ngalir terus ke gue, bahkan sampe gue udah masuk ke dalam kubur nanti :')

Amma ba'du

Jadi setelah nyiapin berkas dan bikin karya, gue mulai belajar. Karena gue senengnya belajar bareng, jadi gue mutusin buat nginep di kosan nya Acip selama tiga malem ga berturut-turut. Niatnya biar belajar. Soalnya gue tau diri, kalo belajar sendiri dalam kesunyian kamar, pupus sudah angka harapan melek gue.
Handmade gue. Sederhana banget

Dan, karena mimpi harus dituliskan, gue nulis di kertas polio laporan gue gede-gede pake spidol.
 Walaupun awalnya agak ragu "ntar kalo gak keterima gimana ya..", cuman akhirnya dengan sepenuh keyakinan hati dan jiwa, gue menulis mimpi terdekat gue itu, besar-besar. Tempel di lemari, biar kalo ada temen gue yang main ke kamar bisa baca dan ikut meng-amiin-kan. Kita ga tau doa siapa yang didenger sama Allah, kan?

 Atlas Anatomi Sobotta gue keluarin dari peraduannya menuju ke kasur. Biar inget belajar. Abi dan Ummi gue kasih tau juga perihal percobaan bebas gue ini. Temen gue, Anggun, dengan baik hatinya meminjamkan buku Anatomi Klinik Snell ke gue, "bawa aja, Wa. Gapapa. Kapan-kapan aja dibalikinnya. Sukses ya, Wa", soalnya gue ga punya buku anatomi yang karangan uncle Snell itu. Bukunya tebel super, gue bawa-bawa tiap mau belajar bareng. Saking seringnya dibawa-bawa, ini buku pernah gue bawa ampe Taman Putroe Phang pas lagi Pekan Kreatif Banda Aceh 2014. Ya, walaupun ujung-ujung nya cuma dibawa aja. Dibukanya pas gue lagi 'sadar' aja. Huah.. Dasar iwa, sok sibuk T.T

***
Perasaan down atau sadar diri gue muncul lebih kuat dari sebelumnya ketika hari briefing sebelum seluruh rangkaian tes dilakukan. Sore itu, gue baru mengetahui, siapa aja yang mendaftarkan diri jadi asdos anatomi. Wuih.. Ada si ini, si itu, si a, si b, si h, si z, si j, si si si. Saat itu gue sadar, terlalu banyak orang pinter yang ikut tes asdos ini. Gue langsung melas gitu, yaAllah mungkin gak ya gue lulus? Mana yang daftar 100 orang, yang diterima 12 sampe maksimal 16 orang. Gue yang belajarnya suka moody-an, mereka yang rajin belajar tiap hari kerjaannya baca mulu. Pesimis. Tapi gue beranggapan, yah kalo emang lulus berati emang rejeki. Kalo engga lulus, seenggaknya gue tau gimana bayangan soal tes asisten. Jadi tahun depan kalo buka lagi, nggak buta-buta amat. Bismillah, biidznillah..
Beberapa hari sebelum seleksi, akhirnya gue memberanikan diri untuk menulis impian gue yang satu ini, bersama impian-impian yang lain, sekalian sama foto tulisan yang gue tempel di lemari juga gue masukin ke blog. Awalnya... Ga pede. Gue takut, kalo ga keterima, ntar malu. Mana kalo nulis di blog, yang baca lebih banyak. Ah, saat itu gue ngaduk semen dan gue taro di muka, menebalkan muka gue. Sehingga muka gue jadi muka tembok. Lurusin sugesti. Gue ketik sedikit demi sedikit impian gue, terutama yang nomer dua.

***
Jadi gue jelasin dulu tahap seleksinya. Akan ada empat tes, gue jelasin secara berurutan dari tes pertama sampai terakhir. Tes tentamen atau tes praktikum, tesnya di lab, soalnya juga dari preparata langsung, tipe soalnya isian. Tes tulis, tes biasa, soal di kertas, jawab di kertas lain. Tes ngajar, sendiri-sendiri ngajarin para asisten lab dari yg udah koas ampe yang paling muda. Terakhir, tes wawancara, diwawancarai oleh dokter-dokter di lab anatomi. Semua peserta bisa ikut tes tentamen dan tes tulis, tapi yang bisa ikut tes ngajar dan tes wawancara cuman yang nilai dari dua tes sebelumnya mencukupi.

***
 Oke, pagi itu. Hari kamis. Hari libur. Gue hampir gamau berangkat ke kampus jam 7.30 pagi buat ikutan tes tentamen sama tes tulis. Soalnya, gue merasa gak cukup belajar buat seleksi asdos. "ga belajar, gimana mau keterima? Malu-maluin aja ntar, mending gausah pergi sekalian" tapi memang gue akuin, gue kurang belajar. Entah gue sibuk ngurusin acara ini-itu. Bahkan malemnya, karena sok kecapekan gara-gara pulang sedikit larut dari Lamtemen, abis masak-masak sama sam kelompok liqo, gue gak sempet baca banyak. Tapi, ngebayangin koas nanti, ngebayangin semangat dari Rama, temen-temen lain dan orang tua,  bikin gue bangkit dan siap-siap ke kampus pagi itu. Huh,sampe di kampus gue makin minder. Orang-orang belajar dan menyebutkan istilah yang bikin pusing, apalagi yang kakak-kakak angkatan 2012, entah apa yang mereka bilang. Gue cuman baca-baca sekilas soal-soal di buku Snell aja. Dan ternyata, bukan cuman gue yang berpikiran untuk gak berangkat tes pagi itu. Ada beberapa orang yang berpikiran sama, namun mereka benar-benar tidak berangkat, beberapa orang terseleksi secara alami pagi itu. Bismillah.

Ada yang menambah motivasi gue sebenernya. Om gue. Beliau dokter, dokter teladan, alumnus FK Unsyiah juga. Malam itu sebelum om dan keluarganya balik ke Matang, gue minta do'a ke om gue. Dan surprise, ternyata om gue dulunya juga asisten anatomi di lab FK :') jadi gue makin terpacu gitu, deh. Juga kakek gue. Kakek gue adalah satu-satu nya orang yang merespon permintaan do'a gue dengan datar, tapi nasehatnya dalemmm. "Ya, Insya Allah kalau berusaha sungguh-sungguh, maka bisa. Man jadda wa jada. Yang penting berusaha keras dulu. Dan Allah juga gak akan menyia-nyia-kan hambaNya yang bertakwa. Ada itu kan di Al-Qur'an?"

***

Tes tentamen, huooo lalalalala.. Diantara menyengatnya aroma formalin di lab pagi itu, sampe kita pada nutup hidung dan mata perih semua karena semua kadaver di keluarin, dan.. Formalinnya itu loh.. Diantara 100 soal pagi itu, gue cuman yakin bakalan bener 5 soal saja. 5 soal saja. Asli itu mah, mematikan banget soal-soalnya. Engga mematikan sih sebenernya kalau belajarnya bener. Keluar tes, mulai pesimis.
Dan ketika waktunya istirahattt.. Gue bareng sama acip waktu itu. Dan.. Seuatu, acip nelfon orang tuanya. Gue langsung diem! GUE LUPA MINTA DOA saking groginya! Akhirnya gue langsung mengeluarkan amunisi. Tab dikanan, hape di kiri. Bbm-in abi sama ummi, nge-line di grup angkatan SMA, teman-teman terdekat, nge whatsapp di grup GK Aceh, pokoknya semua yang bisa gue hubungin, gue minta doanya. Karena sekali lagi, kita gatau doa siapa yang bisa membuka pintu langit.
PM nya Bunad♥

DP nya Kak Pid, foto gue dan cover Sobotta. Tebak apa maknanya?--"

Saling mendoakan o:)



Temen SMA♥ 'sasaran empuk' buat minta do'a. Isinya akhwat sholehah semua :') penghafal qur'an lagi.

Tes tulis, ya gue sama pesimisnya kayak tes tentamen. Tapi gue menjawab lebih banyak soal, sih. Alhamdulillah. Setelah tes tulis, kita semua pulang. Dan bisa balik ke kampus jam 2 siang, karena pengumuman kelulusan kedua tes akan ditempel.
***
Gue, Acip dan Ka Aini memutuskan pergi makan siang bersama, sholat dzuhur bersama, dan menunggu jam 2 bersama di kosan Acip. Selama itu imanjinasi gue yang suka kelewatan ini, kadang ngawang-ngawang terlalu jauh. Gue ngebayangin pengumuman udah ada, trus gue lulus, trus ikut tes ngajar, trus wawancara, trus lulus, trus gue ikut upgrading, trus semester depan gue duduk melingkar ngajarin ade-ade 2014 yang unyu-unyu di lab anatomi, trus gue belajar bareng sama mereka sebelum ujian kayak kakak pj asisten kelas gue dulu, trus trus trus gue ketabrak tiang listrik gara-gara ngayal terlau jauh. Sering tuh gue begitu selama ini, ngayal nya suka kelewatan. Ampe ketakutan akan kekecewaan yang dalam kalau nanti ternyata ga keterima yang menghentikan imajinasi gue. 
Siang itu, gue hampir aja gak mau ke kampus. Karena hampir optimis kalau gue ga bakal lulus. Soal ujiannya syusyah betttt, pemirsa. Gimana gak optimis ditolak? Untung gue dipaksa Acip dan Ka Aini buat ke kampus lagi.
Sampe di depan pengumuman. Gue langsung deg-degan. Kayak pengumuman SBMPTN rasanya. Gue langsung nyari dari atas. Nama Acip paling atas. Beberapa nama selanjutnya. Gaada nama gue. Gue langsung sadar diri. Nyari nama elo mah dari bawah lah, Wa, biar cepet ketemu *ironi*. Dan..... Antara percaya atau tidak, rasanya detik itu kaki gue melayang, muka gue mesem-mesem dan senyum ga jelas. Nama gue ada! Urutan tiga paling bawah! Nama gue ada! Bersama 17 orang perempuan lain di angkatan gue :') that's what we call the power of praying. Gue lemes. Sama sekali nggak nyangka. Sama sekali enggak nyangka. Bahkan orang-orang yang gue kira namanya bakal ada di kertas itu, ternyata gaada. Takdir Allah. Oh iya, nama Ka Aini juga ada, di tengah.
Pengumuman seleksi tahap 1 (tes tentamen dan tes tulis)

 Tes ngajar, dilaksanakan hari itu juga. Alhamdulillah lancar. Gue ga terlalu pusing karena masalah ajar-mengajar insyaAllah sudah terbiasa sejak SMP. Bukan ngajar privat, paling gue diskusi menjelaskan jawaban dari soal ke temen-temen. Wangsit dari Ummi sebagai guru yang berpengalaman juga gak gue lupain. Tapi kenyataan, pas awal dipanggil gue deg-degan juga. Apalagi pas namanya dipanggil "Hilwa Salsabila", trus pake sarung tangan, trus buka pintu lab, masuk ke dalam, masuk ke ruang tes, masih deg-degan. Akhirnya bisa mulai tenang setelah ngambil preparat, ngeliat muka 'ade-ade' yang mau diajarin satu-satu dan bismillah..
***
 Last, wawancara. Ini yang paling spektakuler. Kabarnya sudah tersebar ke seantero kampus, sampe jambu-jambu dan semut yang membisu aja tau sensasi tes wawancara ini. Dilakukan selama dua hari, Sabtu dan Minggu.
Malem sabtunya, gue bersama the ponfit-ers yakni Hasna, Rama, Isna dan Fiya malah jalan ke rumah sakit. Bukan untuk cari wangsit, bukan. Malam itu ceritanya ada yg butuh darah golongan A+ di rumah sakit. Akhirnya dengan semangat menolong pasien, empat orang teman nganterin sebiji temennya yang mau donor darah malam itu. Dialah Rama. Proses donor ternyata gak secepat yang kami kira. Selain rame orang yang pengen donor, sehingga antriannya puanjang. Ada tes dulu juga sebelum donor. Jadilah malam itu, saat hampir tengah malam, empat orang perempuan nyemangatin temennya yang parno abis karena tensinya ada di ambang batas cukup untuk donor dan takut sama jarum suntik donor yang kabarnya besar. Omongannya mulai dari yang penting, sampe yang garing abis keluar, kayak misalnya, "jadwal kuliah besok apa, Ma?" "tau ga sih, pas evaluasi skill lab kemaren, kelas aku dapet sama dokter blablabla loh, rama sama dokter siapa, Ma?" sampe ternyata, pas jarum suntik udah masuk, Rama nyegir, "hehe, ga sakit ya ternyata, hehe.. Cuman sakit dikit pas ditusuk.. Hehe. Gak pusing juga aku ternyata". Jam 12 malam kita baru terbebas dari laboratorium patologi klinik RSUDZA. Malam itu, gue tepar di pondok fitri a.k.a ponfit, kosannya mereka berempat. Capek, tapi bahagia ngeliat wajah cerah ibu-ibu yang kami beri sekantong darah malam itu.


Tampangnya Rama sebelum dan setelah jarum disuntikin ke vena mediana cubiti-nya
Kembali ke laptop, ya.
Hari sabtu, jam 7.30 teng gue sampe ke kampus. Nunggu giliran wawancara. Ada 42 orang yang harus diwawancarai. Ada 3 dokter yang akan mewawancarai kami di tiga ruangan yang terpisah. dr. Reza, dr. Ichsan, juga dr. Tjahaja. Hari Sabtu, dari jam 7.30 pagi sampe jam 6.30 sore, bayangin 11 jam gue nongkrong nungguin gilaran wawancara, gue cuma dapet giliran sekali, wawancara sama dr. Reza, sekali! Cuma 10 menit. Menunggu 11 jam hanya untuk 10 menit, Sodara-sodara! Sepanjang hari, hati gue teriris nginet setrikaan di pojokan kamar, inget pel-an yang kegantung di jemuran, sayuran di kulkas. Aih, sakit hati. Tapi, ini ya, yang namanya perjuangan? Apa pengorbanan? Entah. Yang jelas, makin sore, kami semakin jenuh. Segala hiburan udah dicoba. Mulai dari ngaji, ngulang hafalan, main "2048", baca buku, ngobrol, bahas soal wawancara sampe akhirny tiga pohon jambu yang lagi berbuah-pun jadi korban kejenuhan kami. Rise dengan galahnya metik jambu, gue yang selalu dimarahin Rise karena gagal nangkep jambu pake tangan, akhirnya membentangkan kain panjang di bawah pohon, supaya jambu yang terlepas dari tangkainya gak jatuh ke tanah lagi. Sheilla, Ica, Acip, Ka Aini, Mesy juga ikut megangin dan makanin jambu yang berhasil di tangkep.
Besok nya, Minggu, masih ada dua dokter lagi yang belum gue temui untuk wawancara. Karena ada kelas menulis-nya Forum Lingkar Pena, jam 9, berbenturan sama jadwal wawancara. Gue memberanikan diri buat minta izin wawancara duluan. Kalo boleh alhamdulillah, kalo ga boleh, ya.. Apa mau dikata? Dengan ditemenin Cloudia, gue masuk dan minta izin. Dann.. Alhamdulillah diizinin. Tapi ya, secepat-cepatnya gue dipanggil wawancara, tetep aja jam sepuluh lewat gue baru bisa capcus dari kampus menuju rumah cahaya nya FLP. Setelah kelas menulis, gue menebalkan muka kembali untuk minta doa dari temen-temen FLP-ers.
Wawancara tuh, gue jawab apa adanya. Benar-benar apa adanya. Entah, kalo emang rejeki gue, maka dia ga bakal lari kemana-mana insyaAllah. Kalo emang bukan rejeki gue, berarti ada takdir lain yang lebih baik buat gue. Waktunya tawakkal atas semua yang sudah diusahakan.
***
Senin.. Selasa.. Rabu.. Rasa nya lamaaaa banget buat dilewatkan.. Kapan pengumuman anatomi? Katanya minggu ini. Kamis.. Kamis sore, gue dateng ke kajian di depan lab anatomi yang diadain sama Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Asy-Syifaa'. Kajiannya tentang do'a, bagus deh. Dan disaat belum lama gue duduk, Kak Ivana keluar dari lab anatomi. Ngabarin gue kalau........ Pengumuman yang lulus udah ditempel di mading lab anatomi. HAH! Gue langsung gigit bibir sambil ngeliatin mading dari jauh. Ga mungkin gue lari ke mading di tengah kajian gini. Sambil nahan getaran jiwa yang penasaran banget banget, gue ngabarin temen yang lain tentang pengumuman asdos ini. Acip langsung dateng sama Kak Ori, mereka ga langsung ke papan. Tapi duduk bareng ikut kajian. Muka gue udah senyum-mesem ga jelas ke Acip.
Kajian REFRESH LDF Asy-Syifaa' *numpang promosi

 Jam enam lewat, kajian selesai. Gue, ragu-ragu mendekati papan. Tadi kata Kak Delima yang izin di tengah kajian buat liat pengumuman, sih.. Katanya nama gue ada di sana. ADA! Ada bersama nama 15 orang lainnya. Melayang. Gue ragu. Benarkah?
Nama gue bener-bener ada. Makasih Allah :')

Ternyata Allah terlalu baik sama gue. Ah, ditengah lautan dosa gini, Allah masih mengabulkan impian gue. Gue langsung teringat do'a-do'a mereka yang melangit selama ini. Gatau gimana cara bilang makasihnya. Rasanya masih kayak mimpi.
Gue berusaha gak terlalu senang juga. Karena gue sadar, ini semua karena kebaikannya Allah dan do'a orang-orang :')
***
Dan... Gue kembali merasakan kekuatan mimpi. Mimpi yang ditulis, dibayangkan, disebarkan, dan diyakini se-yakin-yakinnya. Mimpi nomer dua ini, awalnya benar-benar sungguh sangat teramat terasa gak mungkin buat gue. Bahkan untuk ditulis di blog aja gue takut. Tapi, ketika lo bisa mengalahkan keraguan, keyakinan akan mengambil alih. Kan Allah itu sesuai prasangka hambaNya ^^. Ya, walaupun sebenernya apa yang menurut kita baik bisa jadi buruk menurut Allah dan berlaku sebaliknya.
Wallahu a'lam. Yang jelas, gue akan terus berdo'a agar para asisten amanah. Dan yang belum, bisa nyusul :)

Masih buanyakkk yang mau dibagi, diceritain, tapi gue tau kok, ini postingan sudah terlalu panjang dang (mungkin) membosankan. Baiklah, selamat beraktifitas! Gue juga harus belajar lebih liat, eh, lebih giat maksudnya, hohoho.


Tanoh Lon Sayang, dengan penuh syukur dan kerendahan hati
Jum'at, 23 Mei 2014. 2:08 AM

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, ukhti..
    Habis surfing di internet dengan perasaan galauuuu berat karena nunggu pengumuman asdos anatomi jg, akhirnya ketemu blogmu yg alhamdulillah sedikit banyak ngasih kelegaan, hehe.
    Semoga amanah jd asdos anatominya ya, ukh.. InsyaAllah ilmu ini bakalan jd amal jariyah dan pemberat amalmu kelak di hari akhir.. InsyaAllah, aamiin yaa rabb..
    Walaupun kita ga saling kenal, tampaknya Allah membimbingku untuk sampai ke blogmu, ukh. Mohon do'anya ya semoga aku bisa memegang amanah yg sama denganmu. Sungguh aku cinta dengan ilmu ini, ukh.. dan sungguh berharap yg aku cintai bisa menjadi pemberat amalku kelak..
    Salam ukhuwah untuk sejawatku yg menginspirasi. Jazakillah khairan, ukhti Hilwa..
    Tamara, FK Univ. Lambung Mangkurat, KalSel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salammm ;)
      Terimakasih sudah berkunjung dan membaca ^^
      Alhamdulillah, terimakasih atas doanya, semoga doanya kembali padamu. Jadi seneng bisa ngasih kelegaan ke mba tamara lewat tulisan aku.
      Semoga kecintaannya bisa terwujudkan lewat jadi asisten ya, insyaAllah didoakan dan pasti Allah kasih takdir ternaik.
      Salam ukhuwah, salam kenal dari tanah rencong! ;)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalammu'alaikum Mbak, ceritanya mantap sekali. Ini saya sedang berjuang buat belajar dan memahami materi anatomi. Pengen daftar asdos juga, masih 6 bulan lagi oprecnya. Mohon doanya ya Mbak :)

    BalasHapus