Senin, 25 Agustus 2014

Rasanya naik pesawat (sendirian) itu...

Kalo dihitung-hitung, ini kali ketiga gue naik pesawat sendirian. Bener-bener sendiri. Gak sama abi, atau sama ummi atau sama temen.
Hoho, akhirnya impian jaman SMA gue tercapai. Dari dulu, pengennnn banget naik pesawat sendirian. Sebabnya adalah, gara-gara temen-temen luar jawa di alkahfi dulu, kalo pulang liburan, banyak yang pulang sendiri, asik banget kayaknya. Rasanya kayak udah dewasa gitu *plak.




Ya pada akhrinya semester dua, baru keinginan itu terwujud :D
Pertama kali, dianter sama ummi. Ummi nunggu di luar, sampe gue selesai check in di dalem gedung teminal. Setelah mastiin semuanya beres (ukurannya adalah, gue tau tempat duduknya, gate buat boarding dan gue sudah bayar airport tax) baru ummi pulang setelah mewanti-wanti gimana kalo pesawatnya transit di Medan dulu.
Kedua kali, cuman dianter sma abi sampe bandara, sama sekali gak ditungguin.
Yang ketiga, bener-bener sendiri ke bandara. Eh, sama dianter ka fitya juga deng.
***
Kalo naik pesawat itu, sesuatu buat gue.
Yang pertama selain bersyukur, masih Allah mudahkan rizkinya Abi dan Ummi, jadi bisa beliin tiket pesawat buat gue.
Yang kedua adalah, bikin gue sadar kalo kita tuh emang bener-bener kecil di mata Allah. Kalo duduk di deket jendela, hampir bisa dipastikan gue bakal ngeliatin jendela pesawat. Ngeliat, pemandangan di bawah yang semakin lama semakin kelihatan kecil. Padahal sawah yang tadinya terlihat luas sekali, jadi kelihatan kecill banget dari atas. Pun dengan jalanan, pabrik, apalagi rumah kecil tempat tinggalnya manusia. Rasanya kalo gue sentil pake jari aja, itu pabrik bisa hancur, saking kecilnya. Apalagi kalo udah selesai take off dan sudah diatas, bener-bener ga keliatan apa-apa.
Kalo bangunan tempat kita tinggal aja jadi kecil banget, apalagi kita? Manusia yang jauh lebih kecil dari bangunan yang kita bangun.
Benarlah kalau Allah bilang, bahwa Ia Maha Besar.
Karena bahkan baru dari ketinggan beberapa puluh ribu kaki dari daratan, satu kota (baru satu kota loh, ya) sudah terlihat tidak ada apa-apanya. Apalagi bagi Allah yang tiap hari ngurusin bumi dan seisinya juga planet-planet lain, ciptaannya yang lain di luar planet bumi.
Bayangin aja seberapa Maha Besarnya Allah, dan betapa kecil dan gak ada apa-apanya kita ini.
Lantas, kenapa kita masih suka tinggi hati sama Allah?
Suka dengan sombongnya menunda waktu sholat? Tidak melangkah di muka bumi dengan niat ibadah, menyombongkan diri dihadapan manusia, padahal kita bener-bener gaada apa-apanya, di pites seujung kuku juga udah wassalam.
Gue jadi keingetan sama kata-kata nya dr. Rosa pas acara kajian keputriannya LDF Asy-Syifaa', "manusia itu, dibandingkan daerah kekuasaannya Allah hanyalah seperti sebuah virus yang menempel di sebuah cincin. Yang cincinnya kemudian dilemparkan ke tengah padang pasir"  sebesar itulah manusia. Pantaslah jika kita disuruh meminta pada Allah. Soalnya, kita yang kecil ini bisa apa coba kalo nggak dengan pertolongannya Allah?
Huft, muhasabah banget deh.
Dengan gitu, maka kita bisa lebih memaknai 'pengkerdilan' diri kita dihadapan Allah ketika kita bedoa. Bisa lebih khusyuk dan yakin ketika berdoa.
Selain itu juga menghilangkan rasa sombong dalam diri, bahwa bukan cuma usaha kita yang berperan dalam capaian target yang kita raih. Tapi, dibalik itu, ada tangan Allah yang jauh punya lebih banyak peran.
Another, bayangin aja betapa hebatnya Allah, bisa ngurusin manusia yang sedemikian banyaknya. Lah kita aja ngurus diri sendiri susah. Disuruh jaga kesehatan aja susah. Bayangkan, Allah dengan mudahnya mengatur detak milyaran jantung milik manusia di dunia ini, belum lagi dengan hewan. Yang lebih rumit lagi, bagaimana Allah mengatur otak dan proses berpikirnya milyaran manusia yang sedemikian kompleks. Mengatur dengan rapih sampai banyak sesuatu yang kita sebut "kebetulan" itu terjadi dalam keseharian kita.
Ga sanggup mikir, segimana hebatnya Allah. Segimana kerennya Allah.
Subhanallah..
Ah, kita memang makhluk kecil yang seringkali gak tau diri. Udah kecil, gak tau apa-apa, eh giliran dikasih petunjuk hidup -Quran- malah diabaikan. Di taro di lemari ampe berdebu.
Di suruh ngelakuin kebaikan, disuruh tutup aurat, malah pake jilbab dan pakaian yang tipis. Kerjaannya ngelawan doang, padahal kalo Allah mau, tinggal disentil juga kita udah wassalam.
Huft, Allah.. Maafkan kami. Tuh kan, bisanya ngelakuian kesahan, trus minta maaf. Trus khilaf lagi, minta maaf lagi. Gitu aja.
Yang ketiga juga yang bikin gue kagum adalah, ketika ngeliat awan. Behh gatau bilang gimana kagumnya. Gimana bisa Allah ngegantungin ribuan awan di antara langit dan bumi. Menurunkan rahmat dari si awan itu. Dan ternyata, Allah sudah menjelaskan bagaimana proses terbentuknya awan dalam Al-Quran, keren banget ga sih? Sebelum ilmuwan tau, Allah udah duluan ngasih tau kita, ummat muslim.

Itu sedikit renungan kalo lagi di pesawat. Coba sekali-kali temen-temen perhatikan kalo lagi di peswat. Subhanallah banget deh.
***
Kembali lagi ke topik awal, gue seneng kalau naik pesawat sendiri.
Pertama adalah karena gue bakal menunggu, siapa temen di sebelah gue? Laki-laki atau perempuan? Anak-anak, remaja atau sudah dewasa? Apakah gue kenal atau enggak sebelumnya?
Temen sebelah gue pertama adalah kakak-kakak orang pidie yang lagi kuliah pasca sarjana di IPB. Namanya kak Cut kalo ga salah. Temen kedua adalah ternyata, kakak senior di kedokteran yang baru aja selesai menjalani proses koasisten di rumah sakit dan pengen balik ke Bandung, ke rumanya. Dan yang ketiga adalah bapak-bapak yang pengen nganterin guru-guru PAUD pelatihan ke Bandung dan mba-mba yang baru selesai liburan di Medan dan pengen balik ke Bekasi. Seru kan, jadi punya temen baru :)
Kedua adalah, gue ngurusin semuanya sendiri. Mulai dari packing, check in, menjaga tiket agar tidak hilang (resiko orang ceroboh),  ngambil bagasi sendiri. Yang belum pernah adalah, balik dari bandara ke rumah sendiri, atau sebaliknya . Apalagi kalo di Jakarta, hoho, kecuali ada commuter line dari bandara ke stasiun Kalibata haha.
***
Ya begitulah kira-kira, sedikit renungan dan curcolan gue.
Semoga kita selalu berada dalam lindungannya Allahhh  ^^9

Di antara langit dan bumi.
Medan-Jakarta
Aug 25th 2014/ Monday

4 komentar:

  1. Tulisan bagus! kami tunggu renungan dan tulisan berikutnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak ocaaa♥ terinspirasi dari kak oca juga.
      Makasih juga sudah berkunjung

      Hapus
  2. Ups, ketauannnnn ama ka siti
    Makasih kunjungannya ka citi♡

    BalasHapus