Senin, 25 Agustus 2014

Tahfidz on Holiday!

Rencana kami makan di luar gagal total, akibat ke-mager-an tiga anak gadis ini. Akhirnya, Wafa kami suruh beli makanan dan kita makan mi kocok bersama di rumah gue.
That is it, perpisahan kelompok tahfidz (menghafal quran) kecil-kecilan kami.

Tiga bungkus mi kocok, tiga perkedel dan 5 aqua gelas untuk perpisahan kami :')

Gue sebut kecil-kecilan karena memang kami cuma bertiga.
Gue, Wafa dan ka Fitya.




Jadi, kami bertiga adalah teman. Sejak kecil, dari jaman masih duduk di bangku TK. Dari kita masih ingusan sampe udah pada gede kayak sekarang, alhamdulillah kita masih keep in touch.
***
Liburan sekarang ini, kebetulan kami semua di Banda Aceh untuk sebulan-an.
Tumben banget ada momen dimana kami berkumpul di Banda Aceh bertiga, dan sama-sama lagi liburan.
Soalnya.. Kita semua ga tinggal di Banda Aceh. Jadi gini, kita mulai dari gue.
Gue tinggal di Jakarta, tapi kuliah di Banda Aceh. Jadi otomatis, tiap liburan, biasanya gue pulang ke Jakarta, kecuali lebaran.
Trus Ka Fitya, dia ini aslinya orang Tangerang, tinggal di Aceh, sekarang lagi menunda kuliah untuk ngafalin quran di Darul Quran, di Tangerang. Kalo liburan, ka Fitya biasanya pulang ke rumah neneknya di Tangerang, kalo libur lebaran, ka fitya biasa di Tangerang atau di Medan.
Satu lagi, Wafa. Wafa aslinya orang Aceh, tinggal di Aceh, tapi kuliah ke UIN Syarif di Jakarta. Kalo libur, wafa biasanya ke Aceh, pun dengan libur lebaran.
See? Jadwal libur kita ga pernah cucok.
Makanya, libur lebaran tahun ini, kita sama-sama di Banda Aceh dan libur sama-sama sebulan.
***
Kita bertiga ketemu lagi pas ibu guru TK kami yang paling baik hati, Bu Nur, dipanggil Allah. Kita ketemu di rumah bu nur.
Di sana, kita juga ketemu sama guru tahfidz kita pas jaman SD. Trus langsung ditanyain hafalan gitu sama ustadzahnya. Huahh.. Trus disuruh ikutan tahfidz lagi di tempat tahfidz kita dulu (sampe sekarang kalo buat gue sih, soalnya sampe kuliah juga gue tahfidznya di situ juga).
"kalo di markaz, tahfidznya berapa kali per-minggu, Ustadzah?" kita nanya soalnya, kita emang udah ngobrol pengen tahfidz sambil liburan sebelumnya.
"ya seminggu sekali lah, kayak biasa. Masa kamu gatau, Hilwa"
"hahaha" gue ketawa "ya siapa tau kalo libur kayak gini kan ada program khususnya, Ustadzahhh" gue nyengir polos.
"ohhh.. Engga, ga ada.. Daftar aja, tapi senin depan baru dibuka"
"oke, ustadzah, nanti kami daftar insyaAllah"
***
Pas makan siangnya, kita ngobrolin rencana tahfidz kita.
"ih, lama kali kalo seminggu sekali. Berati selama liburan cuman bisa tahfidz empat kali dong sebulan ini?"
"iya e,  kita bikin tahfidz sendiri aja yuk. Bertiga aja tapi" gue ngusulin, terinspirasi dari petuah nya Ummi Fitri pas tahfidz waktu itikaf ramadhan kemarin. Katanya, kalau kamu susah  ngikut di kelompok tahfidz, sebenernya yang penting adalah kamu punya temen satu orang yang sama-sama komitmen buat ngafalin quran. Ntar kalian tinggal janjian deh mau dimana. Gitu katanya.
"eh, iya bisa itu. Dua hari sekali gitu, misalnya. Atau tiga kali seminggu. Ya? Ya? Bisa gitu?"
"tiap hari aja, yuk" hoho gue terlalu semangat
"dua hari sekali aja, udah pas itu"
"iya , boleh dua hari sekali"
"dimana nih?" nyari tempat juga membingungkan. Soalnya, tempat tinggal kita sendiri mencar. Jadi harus nyari tempat yang pas. Gue di Darussalam, wafa di Ulee Kareng, ka fitya yang paling jauh, di Ujong Batee.
"Masjid Oman!" entah ka fitya atau wafa (yang jelas bukan gue) yang ngusulin tempat brilian itu.
"iyaaa.. Dari Ulee Kareng deket, dari Darussalam juga ga jauh-jauh amat, kalo dari ujong batee.. Pasti jauh sih, tapi aksesnya gampang, soalnya kantor Abinya ka fitya deket situ."
Tinggal waktunya, mau jam berapa?
"Bakda shubuh aja, yuk" gue inget banget, ini usulnya ka fitya.
Hem.. Boleh juga sih, mencegah virus tidur abis shubuh yang setiap pagi menjangkiti pada waktu libur begini..
"iyaa boleh tuh boleh" gue langsung semangat menyetujui.
Wafa juga oke.
Baiklah, selasa-kamis-sabtu setiap bakda shubuh di masjid oman. FIX.
Yuhuuu gue seneng banget, bisa lanjut tahfidz.
***
Ternyata.. Bakda shubuh hanya tinggal kenangan, bahkan di hari pertama tahfidz kami.
Hehehe, emang nih kelakuan, ckckck.
Hari pertama, gue berangkat jam setengah delapan. Itu juga pertama kalinya gue menikmati kepadatan Banda Aceh di pagi hari. Soalnya karena rumah gue deket ama kampus, jadi tiap pagi ga pernah ngelewatin area sibuk-nya Banda Aceh. Biar dikata udah lewat jalan pintas juga masih aja macet ternyata. Huft.
Hari-hari selanjutnya? Tetep sama, wahaha.. Bahkan jadi lebih ngaret, pernah ampe jam setengah sembilan, atau jam setengah sepuluh, baru kita bertiga lengkap.
Kadang gue duluan yang nyampe, kadang ka fitya duluan, kadang wafa duluan. Tapi kayanya yang paling rajin datang adalah wafa. 
Alesan telatnya mulai dari telat bangun sampe gaada yang  nganter ke masjid.
Jadi begitulah.. Kami setiap dua hari sekali menjejakkan kaki di masjid oman, saling setor hafalan dan memecah kenangan masing-masing setelah sejak beberapa tahun lalu tak pernah besua.
Tiap bangun pagi, pasti ngeliat hape. Biasanya ada reminder tahfidz dari ka fitya, "hilwa, hari ini kita tahfidz kan?" Atau whatsapp dari wafa, "wa, udah di oman?" Nah kalo sms nya model begini, biasa ciri-ciri kita lagi bangun terlambat alias kesiangan. 
Menyenangkan sekali, sejujurnya terharu banget punya dua temen yang semangat tahfidz, padahal setahun ini gue susah payah ngejar jadwal tahfidz, eh liburan ini bener -bener Allah kasih kemudahan dengan hadirnya dua temen ingusan, eh, dua bidadari temen kecil gue ;)
Lumayan lah, dalam dua minggu (cuma minggu kedua dan ketiga yang full) gue berhasil ngelotokin surat Asy-Syura o:) insyaAllah. Bandingkan kalo ga tahfidz, dapet dua halaman aja udah alhamdulillah bangetttt.
***
Cerita lain di balik tahfidz kami adalah.. Ternyata, setiap hari, di masjid oman, selalu ada acara nikahan. Mulai dari jam 8, sampe menjelang siang. Selalu, selalu.
Entah berapa pengantin yang kami intip pernikahannya, jadi tamu hitam hoho.
Saking seringnya kami ngeliatin prosesi akd nikah, gue yang awalnya excited banget ngedengerin proses ijab kabul, sampe akhirnya gue bosen.
Saking sering nya, kita jadi hafal rundown pernikahnnya. Pertama, tilawah, biasanya surat Ar-Rum ayat 21. Trus penyerahan mahar ke pak keuchik. Trus taujih nikah oleh bapak KUA. Nah abis iru baru proses ijab dan kabul. Abis itu salam takzim si pengantin cewe ke cowo. Trus ngasih mahar ke pengantin cewe. Selanjutnya baru doa. Abis doa, penganten salam ke orang tua mereka, baru semua saling salam-salaman. Tuh, gue ampe hapal.
Kadang kita ngeliatin pengantin wanitanya, trus gue nyeletuk "ih bayangin ntar kalo nikahan muka kita menor gitu. Ih, ga banget. Gamau ah" trus lama-lama jadi ngomongin nikah. Pfttt.. tak ada topik lain -,-
Ya sedikit bumbu aja yang memberi tambahan rasa untuk tahfidz kecil kami {}
***
Sekarang sudah akhir bulan. Saatnya kembali pada rutinitas masing-masing. Ka fitya kembali menghafal quran (semoga dua tahun lagi, bisa menjadi keluarganya Allah ya, Kak :')). Wafa juga balik ke Jakarta, ngurus cuti kuliah dan kemudian caw ke Mesir  (fii amanillah.. Semoga bersua 3,5 tahun lagi dengan gelar "Lc" mu). Dan gue.. Kembali ke kampus, menyapa blok baru tentang pregnancy, birth and neonatus (kehamilan, kelahiran dan dede bayi). Get ready!
Terimakasih, membuat libur panjang gue jadi punya makna yang jauh lebih dalam. Gak sekedar tidur-bangun dan ga punya kerjaan.
Terimakasih, kalian benar-benar teman yang ketika membersamai, bawaannya tuh tenang aja. Sukaaa♥ uhibbukum fillah, Ukht.
Selamat kembali pada rutinitas masing-masing, tetap jadi temen yang saling mengingatkan dalam kebaikan, ya! Liburan nanti kita tahfidz lagi, ya!

For sure, i'm gonna miss you. Hiks jadi pengen nangis nih..
Di antara awan. Medan-Jakarta.
Aug 24th 2014/ Monday

Tidak ada komentar:

Posting Komentar