Minggu, 29 Mei 2016

How Sumayya was Born (2/2)

Part sebelumnya ada di sini

Baby Sumayya
Kata dokter, kalo mau melahirkan, perutnya keras kayak papan selama 5-10 menit, atau lebih dari 5 kali dalam satu jam. Kata ummi, kalau mau melahirkan, rasanya mules persis kayak mau BAB. Makanya hati-hati kalau ke toilet. Semua gejala sudah ada, tapi pas kontrol terakhir, hari selasa lalu, kata dokternya masih lama. Jadi galau, kan malu juga kalo pas sampe rumah sakit ternyata cuman sakit perut biasa. Huff.. sebagai mahasiswa yang suka wara-wiri di FK, saya akan merasa.......... zzzz..
Tapi akhirnya, daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,
 kami geret juga koper yang isinya perlengkapan bayi dan ibu bersalin, juga berkas-berkas BPJS ke dalam mobil. Dengan ditemani rinai hujan dan jalanan banda aceh yang sepi pada jam 2 pagi, dan kecepatan mobil yang gak boleh lebih dari 50 km/jam, 30 menit kemudian kita sampe ke RS Harapan Bunda.
Pak satpam langsung sigap dengan kursi roda-nya, mendorong saya ke ruang bersalin. "Waduh, gak kecepetan, Pak? Udah dianter ke ruang bersalin aja" saya yang sebenernya takut ngeliat papan nama "Ruang Bersalin" cuma bisa protes dalam hati. Bismillah..
"Belum ada bukaan, Bu.. boleh pulang aja dulu atau kalau mau istirahat disini juga boleh" kata kakak bidan. 
Persis setelah si kakak bidan balik ke kamarnya, mules semakin menjadi dan terus-terusan ada, hanya berjeda hitungan menit. Awalnya saya mengaduh-ngaduh seperempat berteriak, tapi lama kelamaan saya memutuskan untuk menikmati sakit dalam diam. Abang yang mungkin juga bingung harus apa, akhirnya duduk di samping tempat tidur dengan tangan kanan ngipasin saya dan tangan kiri mengelus punggung saya yang juga gak kalah sakit sambil mulutnya komat kamit berdoa :')
Jam setengah 4, bala bantuan tiba untuk abang yang udah pegel ngipasin saya dari jam setengah 3. Nyak wa (kakak ummi yang paling tua) datang. Ummi yang udah panik nun di Jakarta sana ternyata coba mengirim bala bantuan pengganti ummi. Mamak-nya Abang karena di Sigli, langsung caw ke Banda Aceh pas denger saya masuk ke rumah sakit.
Kedatangan Nyak wa sangat membantu, selain bantu ngipas, nyak wa bisa nenangin saya dengan pengalamannya.
"Memang harus sakit, Kak.. kalau sakit itu, berarti bayinya lagi cari jalan keluar" kata nyakwa. 
"Semakin sering sakitnya semakin bagus, berarti bayinya semakin cepat keluar, kalo bayi keluar, kan sakitnya hilang. Sambil dzikir baca doa ya.." lanjutnya lagi.
Kurang lebih sampe jam setengah 7-an, kontraksi ga berenti-berenti. Mungkin jarak antar kontraksi ga sampe 5 menit *duh, ini ingatan yang subjektif sebenarnya.. tapi memang beneran, sebentar-sebentar kontraksi.. ga bisa jalan-jalan untuk memudahkan lahiran*. Finally, nyak wa manggil bidan lagi buat meriksa saya. Walaupun pada awalnya si kakak bidan gak mau, karena biasanya unutk anak pertama, butuh waktu yang lama sampai pembukaan bisa lengkap dan bayi bisa lahir, katanya jam 8 pagi aja nanti diperiksa lagi.
Tapi karena nyak wa maksa, kesian juga kali ngeliat saya dari tadi udah kesakitan. Dan.. dan.. ternyata, "pembukaannya udah lengkap, kita ke ruang bersalin sekarang".
"Whatsssss? Sekarang banget, Kak? Sekarang? Banget? Sekarang.. sekarang.." saya meringis dalem hati, sambil deg-degan banget pas masuk dan tidur di kasur ruang bersalin. "Harusnya kan... paling banter ntar siang pembukaannya lengkap".
Karena dokter kandungan saya sedang berhalangan pagi itu, persalinan dibantu oleh dokter kandungan pengganti. Maka dimulailah perjuangan yang sesungguhnya.. *yang sakit sebelumnya tadi pemanasan doang emang? ._.*
Dan.. tadaaaa.. ahad, 15 Mei 2016 jam 07.20 AM, bayi yang 7 hari kemudian diberi nama "Sumayya Husna Najiyya" berhasil lahir dengan berat 2990 gram, panjang 50 cm dan usia gestasi 38 minggu :') 
Ternyata.. saya bisa :')

You can do it, sweety! Congrats!
Ternyata.. bersalin itu gak sesederhana pas belajar skill "menolong persalinan normal" pas semester 3 dulu.. gak sesederhana "ayo bu, mulai mengedan ya bu.. yak, terus bu.. terus.. mengedannya seperti mau BAB ya, bu.. terus bu, terus..". Kalo cuma "terus.. terus.." mah tukang parkir juga bisa.
Dan pesan saya cuma satu..
"Respect your mother very much, dont let anyone hurts her heart"
Huff.. memang nggak salah kalo Rasulullah.saw menyuruh kita untuk menghormati ibu tiga kali lebih dulu daripada ayah :'))) *mewek* *cari ummi*

May 29th 2016, sun.
2w old Sumayya.
12.58 AM

5 komentar:

  1. Like like tulisannya
    lucu plus terharu
    Ternyata sakitnya tuh akan terasa setelah kita benar benar jadi ibu ^^-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aaa makasih farahh
      Iya far betulll banget lah :'

      Hapus