Selasa, 22 April 2014

Dan inilah akhir dimana semua akan bermula #catatankedua

Panitia dan FLP-ers angkatan 2014
HUAHHH.. anatomi selesaiii.. *kibas Sobotta. Benar-benar selesai! Blok selanjutnya gaakan ada lagi yang namanya masuk lab anatomi :D antara seneng dan resah sihh sebenernya. Soalnyaa.. sampe koas nanti ga belajar anatomi lagi (maksutnya ga bakal ngulang belajar anatomi secara rutin). Koas masih 3 tahun lagi, lah entar gue di rumah sakit mau gue apain itu pasien kalo buta anatomi? Satu-satunya cara adalahh.. gue harus jadi asisten lab anatomi! *aminn.. diamin-in juga ya:’)*
Sebelum belajar buat besok, ujian blok, gue mau bayar utang dulu yakkk..
Biar nyambung baca postingannya, baca dulu psotingan sebelumnya "catatan pertama Inaugurasi FLP"
Amma ba’du *muqoddimah selesai*

Jadi malem itu, jam udah hampir menunjukan jam setengah satu malam, saat semua penduduk Desa Lubuk udah pada masuk ke alam mimpi, 33 biji anak baru FLP yang polos-polos unyu-unyu lagi serius nonton video tentang MIMPI dari Bang Ferhat. Video terakhir, katanya. Dan setelahnya, kita disuruh nulisin mimpi-mimpi kita. Ini penting, supaya kita gak lupa. Mimpi yang kami tulis malam itu menjadi penutup materi  “Saatnya Menulis”. Malam itu, gue percaya kalo ternyata gue bisa nulis cerita fiksi :’)

Setelahnya, kedua MOT kami yang baik hati, Bang Muarif sama Kak Husna, masih punya ice breaking. Ice breaking nya masih tentang ta’aruf. Malam itu, walaupun selesainya jam 1 malam, seenggaknya gue hafal nama 33 temen seangkatan gue di FLP.

Sepulang dari aula, otak gue udah penuh sama tugas resensi dan wawancara. “Udah lama banget gak bikin resensi dan nulis hasil wawancara, kemana saya harus bertanya?”. Sampe di kamar, empat temen kamar gue setelah rapi-rapi diri langsung serius  di depan kertas masing-masing. Ada juga yang masih serius nyelesein bukunya. Gue memilih buat nyelesein tugas wawancara duluan.
Gue wawancarain Kak Ayi, dan fokus ke cerita kak ayi pindah dari FLP Tanjung Pinang ke FLP Aceh (nanti gue posting juga ya hasilnya). Awalnya gue kira, tugas wawancara bakal cepet selesainya, setengah jam mungkin. Tapi ternyata, sampe jam dua gue masih berkutat menyusun wawancara. Temen kamar gue juga masih pada bertahan dan mulai ribut-ribut (red: berusaha melawan ngantuk), Kak Icha pake acara beli pop mi malah. Gue masih belum ngantuk sedangkan sudah ada satu kakak yang tumbang setelah menyelesaikan tugas wawancara dan sebagian resensi. Satu lagi matanya kiyep-kiyep dan dua sisanya masih melek dan heboh.

Gara-gara gue meng­-update personal message BBM, Abi gue langsung nanyain kenapa gue belom tidur. Dan pas gue bilang lagi nyelesein tugas resensi sama wawancara, Abi langsung ngasih saran blabliblu, tapi ngasih sarannya buat resensi doang. Jadi kalo mau nulis resensi yang bagus itu gini kak.. blablabla. Alhamdulillah, tengah malem gue dapet wangsit. Ya, gue percaya-percaya aja sama Abi, walaupun kerjaan Abi sekarang gaada hubungannya sama dunia tulis-menulis, tapi dulu Abi kan wartawan. Sedikit-banyak pasti ngerti soal ginian.

Gue lupa jam berapa tugas wawancara selesai, tapi setelahnya gue ngerjain resensi dengan semangat. Satu lagi kakak temen sekamar gue tumbang. Sisa kami bertiga dan saling nyemangatin. “Ayo, kakk.. semalem doang kok begadang kayak gini. Besok-besok engga lagi!” “calon penulis hebat harus bisa nyelesein malam ini”. Gue belum ngantuk, gue suka aja merangkai-rangkai kata. Heheh.
Pagi semakin dekat, suara panitia tetangga kamar gue udah mulai ga kedengeran lagi. Tinggal gue, Kak Icha sama Kak Aini. Kak Icha setelah berantem sama sinyal tab gue buat nyari contoh resensi dan ngerjain resesnsi, langsung say goodbye duluan. Cepetnyaa.. padahal gue duluan tadi yang mulai. Tinggal dua orang lagi. “Ayo, wa ayo. Penulis sukses harus berjuang kayak gini, kejar deadline” Ka Aini nyemangatin gue yang udah mulai terkantuak-kantuak. Saat itu jam hampir nunjukin jam empat. Gilaaa… gue ga pernah begadang sampe jam segini, gak pernah! Setingkat ujian blok, atau tentamen anatomi aja paling banter jam 12 ato jam 1 udah hebat. Sedap kali tugas resensi ini memang. Gue ga berani tidur, karena kalo tidur, gue tau gue bakal bangun jam berapa *kebo*. Makanya pas Ka Aini juga sudah menyelesaikan tugasnya, gue memilih bertahan. Tidur-bangun-tidur-bangun, entah apa yang gue tulis, tapi akhirnya menuju jam setengah lima gue nyerah dengan sendirinya.

Akhirnya pagi itu, saat orang-orang lagi khusyuk ngaji dan ada yang siap-siap olahraga, gue nyelesein satu paragraph terakhir resensi buku “Madre”. Alhamdulillah gue dapet Madre, soalnya pas SMA entar kelas berapa, gue udah pernah baca itu buku. Kecuali puisi-puisi-nya, sisa cerpennya udah gue baca. Dulu gue ga suka puisi soalnya.

Resensi selesai disaat yang lain udah hampir siap mau olahraga. Pas lagi ngaca, gue sama Kak Aini heboh gegara kantong mata. “yaampun mata nya kantongan kan” “eh, iya ee kakak juga ni” “aduh gimana ni?” ahaha.. dasar cewe. Terakhir, gue telat dateng olahraga.
Abis olahraga dengan gerakan super kreatif, kita outbound di lapangan depan. Outbound nya ga pake acara flying fox atau climbing wall sih, cuman outbound sederhana yang bikin kita ketawa-tawa dan makin deket satu sama lain *lopelope*

Dua kelas lagi untuk hari ini! Kelas “berani tampil” nya Bang Aril sama “menulis melawan lupa” nya ust yasin. Kelas pertama gue harap bisa menumbuhkan keberanian gue buat ngangkat tangan dan berani nanya ternyata belum berhasil. Gue bingung apa yg mau gue tanya. Bang Aril bilang, kalo misalkan kita mau ngomong, kita harus bisa membaca dulu kondisi audiens dan posisi kita disana. Selain itu, menyingkirkan bau-bau an aneh juga penting dalam interaksi kita dengan orang lain. Di Kelas Bang Aril juga kita banyak membahas mengenai media yang semakin ‘murah’ harganya, bisa dipesan oleh pihak sana-sini.

Kelas terkahir Inaugurasi yang menghadirkan ust. Yasin sekeluarga, serius, ustadnya dateng bawa keluarga :D. ustadz nya bilang kalo ternyata, kalo tulisan kita punya ideologi yang kuat, maka tulisan kita bakal punya umur yang lebih panjang, dan itu juga punya makna, kebaikan yang kita tulis bisa mendatangkan manfaat kepada lebih banyak orang. Otomatis pahala jariyah nya ngalir terusss.. di kelas ini, ngantuk gue ga nahan banget. udah siang bolong, semalem cuman tidur berapa jam. Mana gue dapet tempat duduk (gak) strategis banget.

Oke semua materi sudah selesai, kesimpulannya gue cuman ikut enam kelas dan cuman berani ngomong maju kedepan pas materi “saatnya menulis”.

Next, adalah waktunya pengumumannn.. dan dengan lampu yang mati, pintu tertutup, semua gorden ditutup, dan backsound “X-Factor”, Kak Nuril sama Bang Ferhat  sukses banget bikin kita semua deg-degan. Dan gue, Alhamdulillah termasuk yang lulus, tapi bersyarat Karen ga ngikutin acara ini  full. Syaratnya adalah, gue harus menyerahkan satu buku tahun 2013-2014 buat Rumah Cahaya. Kak Nuril berpesan agar peserta yang lulus tanpa syarat bisa ngingetin kami, 6 orang peserta yang lulus bersyarat kalo memang pengen kami menjadi bagian dari FLP, Aceh. “Kalian besaudara” Itu kata-kata Kak Nuril yang membekas. Gue punya keluarga baru :’) Ya, sebelum Kak Nuril bilang pun gue udah bisa ngerasain, hubungan seperti apa yang terjalin dalam komunitas ini. Dan gue merasa nyaman sekali, haha. Ampe ga pengen pulang, serius, heheh.

Terakhir ada pengumuman “Inaugurasi Award”. Sebelumnya, gue kasih tau ya, penghargaan ini adalah paling bergengsi dengan hadiah yang sangat bergengsi. Ada beberapa penghargaan, dan kayaknya ga perlu gue jabarin satu-satu karena gue rasa postingan ini udah kepanjangan. Gue ngerti kok, setrikaan kalian udah nunggu, minyak di dapur udah panas, atau Mamak udah ngomel-ngomel minta dianter ke majelis taklim. Satu hal, di luar dugaan gue, gue dan hasil wawancara gue serta resensi gue mendapat penghargaan disini. Yang satu masuk nominasi aja, dan yang satu lagi “Peresensi terbaik”, itu dia. Saat itu, di otak gue cuman ada satu orang. Abi. Ampuh juga ternyata sarannya Abi gue. Trus kata Abi gini pas gue kasih tau “siapa dulu abinya yaaa kaaan kak :*”. Gue iya-in aja deh biar cepet, hahaha.

Catatan Inaugurasi ini harus gue sudahi sepertinya, selain karena udah panjang banget, dan gue mengerti kalian dan buku gue udah ngambek daritadi minta dibaca buat ujian blok besok *doain yaa semoga dapet A o:)*. Dan dengan penuh syukur, gue akan segera men-ceklis mimpi jaman SMP gue “GABUNG DI FLP”. Ah, Allah memang selalu punya cara, bahkan mimpi yang udah gue simpen bertahun-tahun lamanya bisa terwujudkan ternyata :’). “Selamat datang di keluarga besar FLP” Keluarga ini besar sekali memang :D bukan cuma besar, tapi juga erat.
penerima penghargaan Inaugurasi Award. Hadiahnya bergengsi bangett B)



15:24 PM. April 22 2014.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar