Jumat, 05 Juli 2019

Skincare : is it a must?


Ngomongin soal skincare, udah lama sih pengen nulis tapi nunggu rutin skincare AM-PM dulu biar enak, tapi kok gak rutin rutin yaa.. yailah hayati, dekkoas mah bisa mandi dua kali sehari aja alhamdulillah apalagi skincare an 😭😭. Dengan fluktuasi skor jaga yang lumayan yaa, bisa cuci muka atau bisa skincare AM aja alhamdulillah, bisa yang PM nya juga? subhanallah Allahu akbar.

Jadi nih, hayati aja kaget pas ngejembrengin botol-botol skincare hayati, lah kok banyak juga yaa ternyataaa.. Iya, setelah meyakini kalo jenis kulit orang beda beda dan kulitku bukan tipe kulit ya cuma cumuk cumuk aja terus langsung jadi gorjess.. Walaupun ga yang acne prone juga, tapi termasuk yang perlu sedikit perhatian soalnya kadang sering jerawatan dannn KUSAM!

Sebagai mantan anak jalanan yang naik motor sana sini kaga pake sarung tangan apalagi masker apalagi sunscreen, masalah yang udah jelas banget adalah kulit kusam. Jerawat dangkadang muncul, suka suka dia.
***
Sejarah skincare an itu pertama kali pas SMP, bukan perawatan yang sepanjang sekarang inii. Dulu itu pas mau balik ke pesantren, dibilangin sama abi kalo udah bisa mulai beli sabun cuci muka buat ngerawat muka. Terus dibeliinlah mustika ratu atau apa gitu yah, lupaaa.. yang jelas w ngerasa itu facial wash terlalu keras buat anak SMP.

Jadilah pas ke minimarket gitu nyari yang lain dan nemu facial wash pigeon yang lucu dan lembut dan wangi, duhh suka banget dehhh.. bertahun tahun pake dan ampe kuliah ke Aceh masih pake pigeon, nyetok dari Jekardah soalnya dulu masih buta Banda Aceh.. kaga tau mau nyari itu barang kemana. Disini kaga ada Alf*mart pas jaman 2013. Ini juga yang bikin aku putus sama sabun lervia yang avocado dan honey yang super wangi itu :( kan jualnya cuma di alf* doang.. *oot*

Fix, SMP-SMA cuma pake facial wash doang sama templok templokin bedak tabur. Sama pas SMA kadang coba pake masker yah di asrama sama anak anak sekamar, masker madu, masker wardah. Oiya, sesekali juga diajak facial ke salon sama ummi. Jadi kangen masa masa hidup yang as simple as that.

Lanjut kuliah, masih pake pigeon, sesekali maskeran dan facial di salon dan dikenalin sama wardah acne spot treatment gel ama ummi buat memberantas jerawat adek mahasiswa yang sering keluyuran naek motor panas panas dengan modal cumuk doang. oke.

Lisptik pertama w beli beberapa hari sebelum nikah, itupun belinya bukan karena mo nikah coy, karena ada promo new member di The Body Shop. Itu juga milihnya ngaco bangett hiks sedih akutu kalo ngingetnya. Sayang aja.
"Kak mau warna yang natural-natural aja"
"oke" terus kakaknya milihin, swatch-in di bibir.
Terus langsung oke bungkuss.. 🤣

Terus pas nikah dibawain seserahan makeup, barulah kenalan dan nonton tutorial make up. Terus jadi mekapan? kagaklahh.. paling sekali2 doang. Nyobain eyeliner juga pas udah berapa bulan abis nikah. Pokoknya seserahan mekap mah aweett sampe berapa bulan, terus baru deh diendus endus dan dicoba.
***
Kejadian awal menuju pintu taubatan nasuha itu pas lagi liat-liat foto di gallery. Ngeliat muka si naqiyya kok mulus dan cerah ya. Teringat kayanya pouch make up tu anak banyak juga isinya, terus tiap w ajak keluar selalu rempong pake pake sunscreen dulu *monmaap dulu jahiliah, jadi pake suncreen aja dibilang rempong*.

Terus tanya tanya kan jadinya, apa isi pouch mekapnya yang seabrek itu. Standard kaya facial wash, day cream, night cream, sunscreen ya gitu gitulah.. Tapi dia mah dari dokter kalo ga salah. Terus diyakinkan lagi sama story kak ayi, sohib motoran panas panasan jaman kuliah yang udah duluan taubat, jadi udah skincare-an.

Blogwalking juga ke blognya buibu yang udah 30+ dan nyesel karena baru mulai peduli sama kulit wajah dan nyesel kenapa ga mulai dari umur 20an. Males juga ntar kulitnya cepet bermasalah padahal umur masih muda, manalagi ciwi ciwi mah mukanya cepet tua dibandingkan laki laki. Gamau atuh keliatan lebih tua dari abang, padahal mah umur beda jauh.

Setelah baca sana sini juga, skinker sama mekap tuh saling melengkapi. Skinker yang ngerawat wajah biar kenyal mulus noda noda berkurang, mekap yang nambahin kaya yang biar bibir merah, muka tampak tirus, mata tampak belo, bulumata tampak lebih panjang dan lentik. Walaupun kalo kulit dirawat mah keluar rumah modal sunscreen doang juga tetep syantikk.

Dulu tuh masih berstigma "pake krim tuh kebutuhannya buibu dan bikin ketergantungan" padahal mah ya kan sesimpel kaya mandi ajaaa. Kalo ga mandi jelas kulit lengket, bau, dan ga enak. Jadi apakah mandi adalah ketergantungan? kan kagak yaaa. Walaupun nanti orang juga beda beda, ada yang baru beberapa jam abis mandi udah keringetan dan bau *serius adaa*, ada juga yang udah 2 hari ga mandi juga kaya baru selesai mandi *ini juga serius adaa*. Bagaimanapun itu, mandi adalah yang kita sebut dengan, kebutuhan. Bukan ketergantungan.
***
So, sekitar Mei 2018, di usia 17+, perjalanan mencari skinker dimulai..

Lanjut ke next post aja, panjang juga ternyataa inii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar