Jumat, 19 April 2019

Anestesi: honey bunny sugar plum



Foto ala-ala yang baru terealisasi hari terakhir, minggu.

Mau bikin judul 'the apple of my eyes' saking tjinta nya tapi kayanya terlalu lebay. Kata abang ga boleh terlalu terlalu, harus stabil. kalo senang jangan terlalu senang, kalo sedih jangan terlalu sedih, kalo marah jangan terlalu marah, kalo lagi PMS jangan ngambek ngambek amat wkwkwk, stabil yaa.

Sore-sore lagi gak jaga gini mah bagusnya buka buku baca-baca fisiologi atau nyicil baca penyakit SKDI penyakit dalam yang segambreng-gambreng yasalam.. tapi semua yang berbau IPD masih belum diterima dan diproses dengan baik. Iya, tau, lebih dari setengah ilmu dokter umum itu ada di IPD. Tauu..
***
Ya jadi semuanya bermula pada hari terakhir..

Jumat malem, pas sampe ke rumah terus nurunin satu per satu selimut, bantal, terus buntalan tas yang isinya baju OK (Operatie Kamer-Ruang operasi) dan baju jaga yang udah 5 minggu tergantung cantik di hanger kamar DM (dokter muda) OK, nurunin tas lainnya *yha emang pas masuk anestesi barang bawaan ga nyantai kaya mau kemping* terus sedihh.. yaampunn udahan banget anestesinya? Haha mellow.. entah karena ninggalin anestesi atau karena mau masuk IPD. Anaknya emang gak ber-daya-juang tinggi, kalo udah nyaman males pindah, males sosialisasi lagi.
 
Morning Report terakhir.
Masuk ke anestesi, semua bilang anes itu asik, enak dan ngangenin, walaupun jam WH nya paling gak nyante se-14 stase koas. Jam 7 pagi sampe jam 8 malem. Syukur-syukur kalo preop cepet selesai dan bisa pulang  maghrib. Akhirnya dalam rangka menyambut anestesi, sumayya pulang kampung. Pun di banda aceh, kalau cuma bisa ketemu pas malem aja, pengantar tidur aja yaa kayanya kasian dia-nya. Kalo di Sigli kan lebih banyak temennya, ada adek mamak, ada sepupu-sepupu. Sedih? Bangettt atuhlah, hahaha.. tapi gapapalah, kan,

berharap senang dalam berjuang, bagai merindukan bulan di tengah siang
-snapgram ka aini, 2019-
Anggap aja me time 5 minggu, pulang koas bisa nyantai, bisa mampir-mampir, bisa skin care-an, bisa jalan-jalan sama abang.
***
Pertama kali preop hari minggu, H-1 masuk stase, preop OK hybrid dan endos. Hmm pasien cuma tujuh, “oke, jemput abis maghrib ya, Bang”. Soalnya kan taunya cuma dateng bikin surat persetujuan pembiusan, liat residen nulis CPPT, udah. Tapi ternyata realitanyaaaa, preop hyb-endos itu.. “tidak semudah ituuu, Fergusso”. Apalagi baru pertama preop, pasien belom datenglah, gak foto rontgen thorax lah, gak foto EKG lah, gak nyicil ketikan lah, ga bawa tensilah. Ntah apa apa. Preop hari itu berakhir jam 10 malem.. terus dijemput abang, terus makan malem dulu baru pulang. Haha kesan yang menyeramkan

Terus hari-hari pertama tuh kaya yang, yaampunnn kok perasaan ga pulang-pulang yaa.. kok di RS teruss, kok pulangnya Cuma numpang tidur doang? Ampe ngitungin, dalam seminggu tuh, berapa jam di RS, berapa jam di rumah. Hasilnya adalahh.. hanya 60 jam di rumah dalam seminggu the, which is Cuma 2,5 hariii.. watda bangett.
ga pulang-pulang? senyumin ajaaa

 
Minggu pertama biasalah belom tau harus ngapain aja, belom kenal semua konsulen dan residennya, penatanya juga. Tapi minggu selanjutnya dan selanjutnya, jadi asikk. Pergi jaga gak berat. Paling nunggu konsul IGD di kamar DM, atau bantu di OK. Pasang-pasang alat monitoring, siapin obat emergency, isi durantee operasi. Awal-awal nya Cuma bantu ngambilin durantee, terus isi halaman depannya aja, terus isi monitoringnya, minggu empat dan lima memang udah pinter bikin dari pertama sampe tanda tangan terakhir.

Seru sih, semuanya pinter-pinter, mulai dari konsulen sampe penata. Pas selesai bimbingan, konsulennya sering, hampir selalu tanya, “udah, ada yang mau ditanya lagi? Tanya apa aja boleh, ga harus topik ini” ulalaaa..
Pas di OK atau jawab konsul, suka ditanya-tanyain, dijarin sama penata dan residen. Terus dikasih PR gegara ga bisa jawab. Tapi seneng! Hahaha, soalnya kalo ga kaya gitu yaa bisa dipastikan ga belajar karena.. hmm.. mungkin yang ada di pikiran Cuma, tidur dan tidur.
 
no caption needed
Seru juga gegara banyak tindakannya dan gak yang duduk di ruangan aja, nunggu visite, ngerjain planning, tensi-tensi pasien aja. kadang ke IGD, jawab konsuL. Kadang di OK, pasang-pasang infus, pasang alat monitoring, suntik obat, dann yang paling seru adalahh intubasi! Bayangin dong hari kedua di anestesi udah disuruh ngintub sama dokter ol. Baca dan liat tutorial vidoenya aja belommm.. secara kalo di luar OK, intubasi itu sesuatu bangett.. while di OK, residen ngintub udah sambil merem ajee. Itulah intubasi pertama dan terakhir yang berhasil oneshoot, tiga intub selanjutnya gagal oneshoot. Ohiya, ada satu lagi kerjaan DM anestesi di OK! jadi pegangan tangannya ibu-ibu yang SC, sama benerin kerudungnya, sama ngelap air matanya. Wkwkwkwk.
***
Soooo.. makasih buat semua konsulen residen dan penata buat semua ilmu dan kenangannyaa, juga mamak kami, admin bagian, yang cantik dan baikkk dan helpfull tentunyah.
Painless family pada masanya
"konsul raudhah 7, Ja" "iya teh, konsul raudhah 7 teh. PPDS nya udah jalan tuh teh" "iya ja, ayok ja" "ayok teh, jalan teh" "ayok ja" Gitu aja terus sampe selesai jawb konsul. -Jaja dan acip. saking selow nya

 
Juga buat orang-orang di balik layar. Abang yang ditengah sibuknya, sabar sama istrinya yang ga pulang-pulang ini. Selalu nyemangatin, terus sarapan makan siang makan  malam mandiri. Yang ngater jemput kalo kulelah, yang ngisiin bensin doorsmeer-in service-in mobil, anter baju kotor, ngambil baju bersih karena memang ku ga sempet ngurus mobil dan lain-lain.

Sumayyakuuu yang asik banget di rumah nenek berminggu-minggu. Juga mamak sama ayah, nenek cumma apa fauzi haikal fajar yang nemenin sumayya di sanaa..
Kakak, kakpit, kak saumi yang sempet nyulik sumayya dari sigli dan jagain sumayya di lamreung. Bit yang bantu nyetrikain baju-bajuu.

Wkwk udah kaya skripsi aja, tapi beneran, makasih banget sama behind the scene team. Soalnya sepanjang 12/14 stase koas, stase inilah yang paling menguras waktu dan energi. Sampe kadang tanpa sadar sering tarik napas dalam terus keluarin napas. Yaaa walaupun diantara banyaknya kerjaan, dikelilingi sama orang-orang baik dan selow, sama yang  paling penting.. suka ngajarin. Baik bangett masyaAllahh.. baiknya ngalah-ngalahin stase pulmo.
 
bye,
Udah ya curhatannya cukup sekian, mau baca Sherwood dulu, sapa tau bisa tjinta sama IPD. Ya kan, harus berusaha. Walaupun rasanya ga suka, tapi ga mungkin balik lagi ke anestesi, apalagi nyelesein koas tanpa masuk IPD.

Semangattt..!
“dikit lagi jadi dokter”
Kak Nuril, 2019

Semangat abis iniii spacing dan liburann dulu sebelum FM-Kesmas.

19th april 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar