Senin, 08 April 2019

Time to exhumate


Ditengah kegelapan malam setelah kami ‘membongkar kubur’ seorang laki-laki paruh baya, berkelebat bayang-bayang sumayya dan abi, ummi, abang, adik-adik. Kemudian malam itu antara sadar dan tidak, sebuah feed instagram baru muncul, tanpa caption apapun, sangat tidak biasa. Jangan Tanya kenapa, karena akupun tak tau ternyata setelah mengangkat seorang mayat dari kuburnya, diperiksa dan diletakkan kembali ke dalam liang, begini ternyata sensasinya. Seperti merasa selama 23 tahun hidup, merekalah orang-orang yang paling mungkin tersakiti olehku.

Cheering after the exhumation was done 


                Konsultasi ‘dadakan’ dengan dokter pembimbing untuk tugas jurnal kami hari kamis pagi itu harus berakhir karena kedatangan dua orang tamu. Dua orang polisi tanpa seragam, datang menjadi penyelamat untuk kami bertiga , aku-aulia-bang nazar, yang sebenarnya belum mulai menulis satu kata pun untuk tugas jurnal, bahkan sumber bacaan  baru saja di-print semalam dan baru kubaca setengahnya.
                Tak lama setelah kedua tamu pulang, giliran kelompok kedua dipanggil. Judul jurnal untuk kelompok kedua memang bahannya sedikit, mereka menghadap dengan kecemasan namun kembali ke ruang dokter muda membawa kabar gembira. Bukan, bukan kabar kalau judul jurnal diganti dengan yang lebih ‘kaya sumber’.
                “Guys, hari sabtu diajakin ekshumasi ke Meulaboh. Tadi itu yang dateng polisi” Chief kami mengawali kehebohan hari itu.
                “Ini ekshumasi pertama sejak 10 tahun yang lalu untuk SMF Forensik RSUDZA. Terakhir kali ekshumasi tahun 2009 dan gak pernah ada kasusnya lagi”
Definisi ekshumasi. By kangeditpoto andalan kami, chief Forensik, @asyifauzia silahkan di follow.

                Mataku terbelalak, jantungku berdetak tak karuan. Antara kesenengan, mengingat dulu kakak senior pernah menceritakan bahwa kalau beruntung, di forensik kita bisa dapet kasus ekshumasi, jalan rame-rame. Namun teringat juga rencana kami kalau sabtu ini akan pulang ke Sigli, menghadiri resepsi kerabat. Akankah diberikan izin?
                ***
                Sudah kuduga, abang pasti tanya, kesananya naik mobil siapa? Mobilnya apa? Yang bawa siapa? karena mobil dan sopir disedain dari pihak polisi, jadilah surat izin jalan-jalan resmi keluar. Seneng dong, kapan lagii? Sekalian me time, ye kan?
               
Berhubung kami baru menyelesaikan stase obgyn, stase penuh ilmu yang tiap hari diajarin, yang kalo mau ngelakuin suatu tindakan itu wajib banget baca dulu, jadi pas ngelakuinnya gak dengan .’mata buta’. So, jadilah menuju hari H, selain sibuk nyiapin barang, kami sibuk cari tau kasusnya. Karena dokternya adalah ‘the only forensic pathologist in our hospital’ sehingga kegiatannya padat luar biasa, rapat sana-sini, jadilah kami cari tau sendiri kasusnya kasus apa,  juga kepo-kepo sama abang penyidik yang suka dateng nyariin dokter.

          Tapi sampe hari keberangkatan, berita yang dimaksudkan sama penyidik masih belom berhasil dipastikan. Akhirnya selama di jalan kami sibuk ngepoin kasusnya ke dokter,  dan barulah ada titik terangnya, Gaes *ya walaupun dokternya gak buka banyak juga, tapi  mayanlahh*. Ternyata judul berita di koran jauh banget sama judul yang kami search selama ini, atuhlah pantesan ga ketemu beritanya.

                 Baiklah singkat cerita pagi-pagi kita dijemput, terus ditraktir jajan di indomaret sama uang negara. Wkwk, monmaaplah ya anak FK mah biasanya pergi baksos, apa-apa bayar sendiri. Jadi pas di indomaret lawak bangetlah, masuk terus ngambil barang tapi gatau kalo dibayarin, terus pas nyampe kasir baru dibilangin. Haha, tau aja kalo ketauan ditraktir bisa-bisa lebih kalap lagi jajannya

Abis dari indomaret barulah perjalanan panjang dimulai, didepan duduk dr. Taufik. Ditengah duduk 
para pemabok jalanan, acip mais dan aul, di belakang duduk kami yang mengalah wkwk jaja hilwa dan azizi. Yang cowo-cowo sama abang pemulasaraan jenazah naik mobil satunya lagi.                        
              Sebelum zuhur kita udah nyampe ke Meulaboh cobaaa.. boleh dibilang ini kunjungan kedua gue sejak 2004 lalu. Tepat sehari sebelum tsunami, kami sekeluarga meninggalkan kota meulaboh setelah nemenin abi yang ada acara di sana beberapa hari. Ya pas 2004 mah masih kelas 4 SD, inget apa tentang Meulaboh? Cuma inget pas diajak balik ke Banda Aceh kami bertiga merengek-rengek minta tinggal sehari lagi biar bisa mandi di pantai. Ngga kebayang deh kalo malam itu abi meng-acc permintaan kami, dan 26 Desember kami mandi di laut Meulaboh, apakah saat ini kumasih ada atau tidakkk~`

           Ya kan gitu memang, suka ngelantur kemana-mana. Yaudah terus makan siang dan sholat di masjid raya meulaboh. Terus baru deh caw ke tekape.

            Sampe di TKP baru deh ngerasa degdegan dan ngerasa khaya artis, maklumlah dekkoas yang biasanya jadi keset rumah sakit, sekarang mah pas mau jalan, dikiri-kanan orang berderet macam mau sambut dara baroe dan difoto-foto. Maka insting gue langsung membuat diri ini sok sibuk buka-buka formulir pemeriksaan jenazah, walaupun memang sekalian liat-liat apa yang mau diisi nanti soalnya belom pernah baca. Alibiii alibiii..

Gue-aul-jaja-acip- dan mais yang paling belakang.
Monmaap ya bang nazar dan bang haris, yang kerja siapa yang masuk koran siapa.

        
Awalnya sangat excited dari pake apron, handscoon, masker, bedoa sama-sama, sampe akhirnya ketika jenazah diangkat, baru deh mulai horror. Langsung muhasabah di tempatlah :’(
Kaya yang, yaampun nanti kita kaya gitu juga, dimasukin ke liang kubur sendirian, gelap, basah, dilalerin, dibelatungin, didatengin malaikat, ditanya-tanya, dikasih ganjaran atas perbuatannya. Sempet ngebayangin, itu jenazahnya seneng gak ya dikeluarin, jadi rame-rame lagi, ga sendirian lagi, hmmmmmmmmmm. Kalo dapet kenikmatan kubur karena banyak pahala sih ga masalah ya, kalo dapet azab kubur gimana atuhlah? Serem banget ga sih L sendirian di kamar pas mati lampu aja horror, langsung nyalain senter hape, lah ini udah ga bisa gerak terus gelap terus diazab.

Terus pas jenazah mulai diperiksa jadi realistis kalo yaa ga mungkin ada pocong keluar dari kubur terus jadi kuntilanak dan sejenisnya terus tiba-tiba nongol di atap kamar lu. Kenapa? Beberapa hari setelah meninggal, otak kita sudah membubur, cyn. Teorinya sih udah tau dari jaman, tapi kemaren bener-bener liat langsung otak yang membubur. 

Lah setingkat pasien stroke aja bisa bikin ga bisa jalan atau keterbatasan aktifitas, apalagi otaknya udah membubur. Sapa yang mau ‘nyuruh’ gerak kaki sama tangan ngana? Mau liat pake apa? Sapa yang mau transmisiin dan terjemahin sinyal cahaya ngana jadi sebuah persepsi pengelihatan? Ngarepnya semoga bisa mengobati kepenakutanqu ini.. asli anaknya penakut tingkat apa tau. Dari dulu ga pernah mau diajak nonton film thriller sedikitpun. Seapapun gamau. No no no pokoknya mah. Mending w nonton film yang lucu-lucu, romantis, sedih-sedih *apa coba film sedih?*
***
Banyak banget sih yang bisa di-over thinking-kan buat  jadi bahan koreksi diri. Huhu, makasih ya forensik sudah membawaqu ke ekshumasi ini. Sepanjang ekshumasi gue (memilih)  jadi tukang catet. ‘Perlindungan’ catatan selama proses pemeriksaaan ada tiga lapis. Jaja yang nyatet identifikasi mulai dari iden kuburan sampe iden jenazah. Gue catet hasil pemeriksaan sama sketsa-sketsanya, mais yang catet waktu-waktu penting dan tambahan-tambahan yang  ga sempet kami catat. Acip sama aul jadi kangpoto, fotografer yang mondar mandir ngambil angle yang pas. Dan tugas terkahir tapi yang paling utama, lets welcome to our herooo.. bang haris dan bang nazar. Yang jadi asisten dokternya, langsung periksa jenazahnya. While kita semua gaada yang mau.

Gue sendiri, selain emang suka nyatet dan gambar-gambar, menjadi kangcatet dan kangsketsa adalah petugas dengan paparan paling minimal ke jenazah. Yang penting pas dokternya mulai nanya, “yok, mana ni yang catat?” pastikan batang idung lo keliatan. Baru deh catet apapun yang keluar dari mulut dokternya,  “Dari hasil pembukaan kulit kepala, didapatkan blablablablabla” catet! Catet semuanya!

Paparan ke jenazah bisa dielakkan, tapi paparan bau ga bisa dihindari. Secara di area kuburan yang mau di ekshumasi kan dipasang tenda. Yaudah kombo deh, tenda plastik ditambah dengan panasnya kota meulaboh, menghasilkan bau yang meresap sampe ke baju-baju, termasuk tas dan sepatu. Sepatu udah gatau lagi kotornya gimana ditengah tanah yang becek ketumpahan air bekas cuci-cuci jenazah, untung pake sepatu jelek.. tapi sayangnya lupa bawa sepatu gantiiii.. wkwk untung ada sendal hotel.
 ***
Setelah selesai ekshumasi, dengan badan bebauan hasil ekshumasi, masuklah ke mobil dan numpang foto bareng dan bersih-bersih di Hotel Tiara, mayanlahh bisa bersih-bersih dan yang paling penting mah gratis hahahaa.. maklum anak FK mah biasanya pergi baksos, cari uang kesana kemati, jangankan dibayarin, punya orang aja kadang kita yang tutupin. 

Setelah makan malam yang dibayarin juga, foto-foto lagi, bang haris si otak sinematografi juga seperti biasa langsung take video kita. Pas makan-makan ngobrol sama pak polisi meulaboh-nya terus ternyata sekampung sama ayah dan muridnya ayah dulu pas SMA. Terus pas cerita ke ayah sama mamak ditanya siapa nama polisi nya terus w baru sadar w ga nanya namanyaa.. anak pintar. Haha yaudah gitu aja. Haha ga penting ga penting.

Jam berapa yaaa abis makan malem tuh, langsung pulang lagi, udah malem banget dan tepar. Abis dari berangkat sampe selesai makan  malam entah kenapa ga ngantuk-ngantuk. Pas berangkat malah ngomentarin spanduk-spanduk caleg sama mais, yang lain tepar, bantal leher gue dipake sama si azizi. Pas ekshumasi mana bisa tidur, pas antri bersih-bersih di hotel udah merem tapi ga bisa tidur. Akhirnya sepanjang jalan Meulaboh-Banda Aceh tepar ga peduli bentuk jilbab dan muka kaya gimana.

Pas melek udah jam 1 malem kayanya, udah di gerbang komplek dokter, terus baru inget belom tanya status kami yang jatah jaga minggu pagi, gue-jaja-mais. Tepar amat udah seharian ke meulaboh terus besokannya tetep jaga pagi. Karena yang lain ga berani tanya, jadilah w berani-beraniin tanya. Alhamdulillah ya dokternya baik dan disuruh istirahat duluuu gausah jaga.
***
So, overall seruuu banget. Mau lagi tapi jalan-jalannya ajaaa.. Alhamdulillah ya angan-angan pas dulu pengen ekshumasi jadi kejadian beneran. Dan ngeliat otak langsung membubur itu bikin rada realistis terhadap semua ketakutan selama ini. Hmmm walaupun cuma bertahan sampe tadi shubuh, pas pulang sebentar abis jaga malam mau bersih-bersih terus lewat hermes hotel terus inget kemaren ada wisatawan meninggal di hermes. Terus pas puter balik di depan hermes ketakutan kalo sampe di jok belakang tiba-tiba ada mayatnya.

Wkwkwk lemah banget kannn, padahal udah inget-inget otak membubur tapi emang anaknya payah hahaha.. Pas nyampe rumah juga biasanya langsung naik ke lantai dua ketok-ketok kamar kakak, ini malah duduk di mobil nelfon orang rumah buat bukain pintu bawah, baru keluar mobil. Hahaha ini kok nyasar sih ceritanyaa..

Ya gitudeh.. makasih Meulaboh makasih SMF Forensik makasih Polresta dan seeemuanya.. so happy.

Catatan yang terus tertunda.
52 hari setelah ekshumasi, saat anestesi sudah hampir berakhir dan menyambut stase penyakit dalam,
Kamar DM Anestesi, 8 April 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar