Jumat, 08 Februari 2019

OBSGYN: Stase Penuh Ilmu


“Ada yang mau ditanya?” dokter konsulen nanya dengan tenang
HAH? Kami berdua saling tatap, tapi sama-sama tak bisa berkata-kata. Ruangan masih penuh aroma ujian. Dokternya ga salah ini? Harusnya kami diresponsi lagi, ditanya ini-itu hasil berkelana selama 9 minggu di obgsyn. Lah ini kok malah kami yang disuruh nanya.
“Ada yang mau ditanya, nggak?” pertanyaan kembali diulang.
Obsgyn team!

Menuju 9 minggu + 6 hari di obsgyn, menuju masa-masa aterm yang dulu dinantikan tapi kok sekarang terasa cepet banget dan masih pengen di kamar bersalin. Nungguin ibu-ibu melahirkan normal, periksa ibu-ibu dengan penyakit kandungan dengan segala tindakan-tindakannya, kok lama-lama jadi seruuu? Kok candu?
Makin mau berakhir stase rasanya makin banyak ilmu yang belom kita tau, masih bnayak tindakan yang belom bener-bener dikuasai. Boleh tambah lagi waktunya? Hahaha gila ya, padahal dulu mengawali stase obgyn dengan kejenuhan yang luar biasa.
Selesai dari THT, sepotong surga di rumah sakit kami, stase paling santai tapi penuh ilmu dan diberi kepercayaan yang luar biasa untuk periksa pasien sendiri mulai dari identitas sampai edukasi. Saking favoritnya,sampe THT masuk ke daftar tujuan sekolah selanjutnya. Oke, jangan kelamaan curcolnya. Selesai dari THT, ngambil libur seminggu sebelum masuk obgyn.
Entah karena badan udah keenakan pagi-pagi santai, masuk jam 8. Gaada jaga malam, sabtu-minggu free. Atau entah karena kabar-kabar kalo di obsgyn gaada kamar buat dokter muda (DM), ada morning report khusus DM-lah, jaga malem nya mulai dari jam 3-lah, gaada kata telat walau sedetik-lah, dan banyak lah-lah lain yang udah mah lagi jenuh koas, ditambah sama kabar-kabar ga asik lain tentang obsgyn, yaudah lah jadi cucok malesnya. Makanya pas di briefing sama PPDS dan dibilang kalo obgyn adalah stase besar yang paling enak, kurasa aku adalah orang pertama yang paling sangsi. Padahal sejujurnya, mata kuliah obsgyn adalah mata kuliah favoritku.
***
Awal-awal di obsgyn adalah hari-hari termalas dan ter-gak-niat. Jaga tiga kali seminggu dilalui dengan penuh rengekan.
“abang gamau jaga..”
“abang capek..”
”harus jaga ya, Bang?”
“abang, gausah koas lagi apa?”
“cukup sekali aja sekolah kaya gini ya bang.. jangan paksa nda sekolah spesialis lagi nanti” lahh siapa yang  mau maksa emang? Haha padahal mah pengen sekolah lagi, tapi karena lelah jadi ya ngomongnya ngawur.
Entah di minggu keberapa mulai ketagihan anamesis pasien obgyn, nge-VT, palpasi bimanual, inspekulo, ngeracik MgSO4, pasang laminaria, pasang folley kateter buat induksi, vaginal wash, nolong pelahiran kepala, nolong ngeluarin plasenta.. I will be missing all of that activities. Kerjaan DM bukan cuma dateng pagi buat tensi-tensi pasien dan ngelengkapin status pasien. Jadi amat berfaedah kan?
Konsulennya yang walaupun suka ngasih PR, tapi sebenernya itu tanda perhatian dan bikin kita jadi baca buku lagi dan lagi. Residennya yang dengan baik hati ngasih keleluasaan untuk tindakan, mau jawab pertanyaan-pertanyaan bodoh-nya kita dan malah seringkali residen duluan yang mau ngasih bimbingan sebelum kita minta. Pas abis ngasih tindakan juga diajarin lagi, “apa yang kamu periksa tadi? Interpretasinya gimana jadi?”. Jaga tanpa kamar jaga yang awalnya terlihat menyeramkan, lama-lama terbiasa juga tidur di bed-bed pasien yang kosong, bahkan di bed USG. Walaupun tetep lebih asik tidur di springbed rumah hahaha.
Tugas-tugasnya juga ga menambah kerempongan. Hanya status DM dan laporan kasus+jurnal. Simple, tapi karena itulah jadi malu kalo nanti pas presentasi laporan kasus (lapkas) jadi berantakan. Karena yaa, kan tugasnya cuma sedikit, kok bisa ga nguasain bahan? Makanya pas sebelum maju lapkas, memang bahan-bahan HIV in Pregnancy aja yang dibaca. Sampe lupa nyiapin diri buat ujian lisan sama dokter.
Presentasi laporan kasus alhamdulilah lancar, senang.. sampai akhirnya selasa pada minggu ke-9, langit masih belum terang betul saat itu. Sama dengan diriku yang masih belum sadar betul karena baru saja masuk kamar bersalin lagi setelah 3 hari di kampung, nyiapin acara tueng dara baro adek. Selama tiga hari juga buku dan catatan terlupakan begitu saja. Dokter penguji kami yang malam itu baru saja onsite tiba-tiba nongol di kamar bersalin dan mencyduq diriku yang lagi berdiri ngeliatin frame-frame foto di lorong KB.
”Dek, kamu ujian sama saya? Kita ujian hari ini ya” enak nanyanya, tapi bikin panik sampe ubun-ubun. Asli panik!!! Secara abis liburan terus diajak ujian. Karena merasa diri masih sangat kurang baca, akhirnya ngebut setengah hari baca buku WHO. Saking nyadar diri kalo belajarnya masih kurang banget, minta do’a sana sini biar bisa jawab.
Guess what? Ujian hari itu berakhir dengan,
“Ada yang mau ditanya?” dokter konsulen nanya dengan tenang
HAH? Kami berdua saling tatap, tapi sama-sama tak bisa berkata-kata.  Ruangan masih penuh aroma ujian. Dokternya ga salah ini? Harusnya kami diresponsi lagi, ditanya ini-itu hasil berkelana selama 9 minggu di obgsyn. Lah ini kok malah kami yang disuruh nanya.
“Ada yang mau ditanya, nggak?” pertanyaan kembali diulang.
Akhirnya beberapa pertanyaan keluar dan dokter dengan senang hati menjelaskan semua jawabannya.
Lahh.. ujian rasa bimbingan ini mahhhh..
Hiks, pas mau masuk ujian jantung mau copot saking deg-deg-an karena gak siap, pas keluar ruangan jantung juga jantung mau copot karena, “YaAllah yang bener ini ujiannya kaya gini ajaaa? Katanya serem tapi kok ternyata superbaik”
***
Bye obsgyn dan segala keseruannya. Stase yang kuawali dengan kejenuhan dan rasa malas, ternyata berakhir indah dan favoritos <3
                                                                                                                                                    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar