Jumat, 23 November 2018

Stase bedah: tersibuk tapi suka


"From onco-surgery to neuro-surgery, I love all things inside this dept"
Ga terlalu inget lagi sih rinciannya gimana.. tapi yang jelas, pas mau ninggalin bedah itu sedih dan rasanya berat aja.

Gimana bisa? stase yang pas masuk penuh dengam ketakutan, tapi diakhiri dengan rasa sedih untuk meninggalkan bedah?

Belom masuk bedah kalo belom punya foto kaya gini

Awal awal masuk bedah itu.. penuh dengan ketakutan. Takut. BANGET.

Ya gimana nggak, yang dibilang jadwal Wajib Hadir (WH) nya dari jam 5.30 sampe jam 23.00, dulu mikirnya "jam WH macam apa itu? kenapa ga sekalian disuruh nginep aja di rumah sakit itu mahh" apalagi khusus bedah saraf, operasi cyto jam berapapun, jam 12 malem kek, jam 3 pagi kek, shubuh kek, harus ikuttt. Yang dibilang kerjaannya banyak. Capek. Tugasnya? Buanyak lapkasnya. Lapkas besar, lapkas kecil, mini CEX.

Tetep ada yang bilang, stase besar paling enak itu bedah. Ga banyak drama. Capek fisik, tapi gak capek hati.

Tapi tetep, sebagai ibu, khawatirnya mengenai intensitas bersama sumayya nanti gimanaa? nanti pas sore lagi main main di rumah terus ads cyto, gimana?

Baiqla, di bedah ini, dokter muda akan masuk ke 8 stase kecil lagi. Siklusku dimulai dari yang katanya stase surga, bedah onkologi-bedah plastik-bedah anak-BTKV.
Kenyataannya memang surga, kerjannya leyeh leyeh, tidur di kamar DM, weekend bisa pulang kampung nengokin sumayya walau sepanjang jalan merapal mantra supaya gaada operasi cyto.

Selanjutnya stase penuh tantangan, bedah digestive-BEDAH ORTHO-bedah uro-bedah saraf.
Bedah digest dengan planning pasien seabrek abrek, operasi elektifnya yang sampe larut malam.

Bedah ortho yang.. ampun! lebih capek dari bedah saraf. Kerjaan tiap hari ngejar ngejar residen kardio dan anestesi untuk konsul pasien yang mau op. Kaki harus kuat karena.. Pasien ortho tersebar dari kamar paling depan sampe ke paling belakang! Pulang ke rumah dengan jadwal teratur dan pasti, JAM 11 MALAM, karena operasinya yang tak kunjung selesai. untung residen dan konsulennya superb, kalo ga udah hangus terpanggang.

with Sp.OT, dr. ona- dr. arief. Walaupun kita suka lupa pasiennya yang mana *saking banyaknya!* tapi tetep senyum.
Bedah uro yang kata orang asik dan santai. Sampe Sumayya dijemput ke Banda Aceh karena dikira ya bisalah main main, kan santai. Pasien ga terlalu rame, operasi ga banyak, poli juga ga rame rame amat, operasi cyto jarang. Realitanya, mungkin memang ada yang busuq, jadi pas masuk uro.. loh kok ga pulang pulang ini? loh kok operasinya lama? loh kok planningnya ga selesai selesai? loh kok? lohhh? jqdi kapan pulangnya? kasian sumayyaku nunggu di rumah *padahal mah anaknya anteng anteng aja di rumah*. Lelah dan kecewa, soalnya ekspektasi sama realitanya beda banget. Walau residen uro nya super disiplin dan terkenal 'galak', tapi karena kami rajin dan ontime jadi aman banget huhu terharu. Untungnya setelah tergulung gulung pas weekday, weekend bisa cincay janjalan sama residen, walaupun yang ke Geurutee kutak ikut ec ada acara keluarga.
Uro team, minus dr. Abay dan dr. Idham

"kecewa adek, Bang.. gak selesai selesai operasi kita" Mamak peluk tiang aer aja.
Terakhir, yang paling paling.. Bedah saraf!
Ampe udah siap siap ngungsi ke Lamreung, informed consent ke abang, "anggap aja nda ke Jakarta seminggu ya  Bang" 
Senin tepat jam 12 malam kami sudah berdiri cantik di kamar operasi cyto. BAYANGIN DETIK PERTAMA MASUK BEDAH SARAF LANGSUNG DISAMBUT CYTO. Kurang greget apa lagi?
pas udah siap siap gantian sama tim bedah saraf sebelumnya, dr. Is, Sp.BS yang baik hati nyuruh kami pulang. Biar tim lama aja yang ikut operasi sampe selesai. Huhu antara seneng disuruh pulang tapi ya udah terlanjur melek jam segitu tuh.. udah terlanjur jalan dari samahani ke ZA. Pedih.
Bedah Saraf yang penuh ilmu dan ceria bersama dr. Bus

Tapi karena pas kita di bedah saraf yang dokter yang onsite-nya dr. Bus, jadi ya cyto malam malam sangat minimal. Cuma sekali. Dan sisanya suga bangettt. dr. Bus baik nya kebangetan masyaAllah.. suka responsi dan pasti diresponsi dimanapun kapanpun.. entah pas op pas visite pas nunggu pasien, tapi responsinya asikk.. sambil ketawa ketawa. Jawaban salah, jawaban bener, ketawa aja. Tapi ngerti jadinya. Kaya bapak ngajarin anaknya huhu.. bedah saraf yang horor banget jadi seru dan ngangenin.

Stase terakhir di bedah, stase paling surga diantara stase lainnya, stase melayang. Rasanya ke-riweuh-an 8 minggu muter muter di bedah terbayar di dua minggu stase melayang ini. Melayang berarti tidak ada tugas apapun, tidak follow up pasien, tidak ada jaga. Ohiya jaga di bedah itu ya.. ampun banget. Minta ampun. Ampun. memang susah tidur. Bisa tidur 3 jam aja udah keajaiban dan suatu anugetah yang patut disyukuri.
Kembali ke stase melayang, jadi kerjaan kita cuma fokus belajar buat ujian dan kejar kejar dokter buat ujian.

DONE.
Doakan semoga bonam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar