Selasa, 20 November 2018

THT dan setahun jadi dokter muda

*Tulisan ini sebagai salah satu upaya healing dari jenuhnya koas, sehingga bersifat sangat subjektif*

Setahun sudah daku tawaf di rumah sakit. Ga kerasa ya kalo orang bilang mah.. tapi kok kalo on my point of view, "perasaan udah lama bangettt.. baru setahun ya? masih ada setahun lagi???"
OH GOD, SAVE ME.
so far gimana koas setahun ini? gimana gimana?
dokter muda bahagia?
sekarang lagi di THT dan harus kuakui kalo stase THT ini surga banget. Banget nget nget. Sepotong surga di rumah sakit kami.
Real definition of koas. Bisa periksan pasien dengan leluasa, dikasih space sendiri, alat sendiri, status sendiri. Tapi bimbingannya juga konsisten dan berisi, di sini kita boleh Tanya pertanyaan sebodoh apapun dan akan dijawab. Waktu istirahat juga dapet. Dan semuanya bersahabattt, mulai dari cleaning service sampe konsulennya. Terus ya goals akhirnya kan, kalo pasien dateng kita bisa nentuin dd, diagnosa dan ngasih terapi. Dan itu dapet banget di sini. Dan yang paling penting adalah, gaada jaga malem. Lav deh pokoknya.

THT adalah bagian pertama kami di tahun kedua koas ini. Melewati lika-liku koas yang dulu pas ngampus amat diidam-idamkan. Kayanya keren ngeliat senior yang udah koas mah, walaupun udah dikasih tau kalo koas itu melelahkan banget, tapi tetep kayak pengen cepet-cepet koas. Enak kan bisa langsung praktek, liat pasien. Gitu sih dulu.

Ya kenyataannya koas memang seru. Se-seru itu dengan segala tangis tawa marah kecewa takut-nya. Tapi ada satu yang belum kurasakan, setidaknya hingga akhir tahun pertama kemarin. Jenuh.

***
Masuk FK sebenernya pada awalnya dengan alasan klasik. Alasan yang sama kayak sekitar 50% anak FK lainnya *sotoyy*, milih FK atas dasar saran dari orang tua. Minat awal banget ke desain, terus diskusi lagi jatoh ke teknik, terus terakhir ke FK. "Kakak kan perempuan, jadi nanti bisa buka praktek di rumah, gausah kerja di luar" sounds simple.

Walaupun akhirnya pas undangan ngeyel. Dulu tuh pilihan pertama pas undangan, STIH ITB terus kedua UI tapi lupa jurusan apa, wkwk yauda dua duanya ga keterima. Terus pas ujian tulis, nurut deh ke FK tapi entah kesambet apa kok bisa milih FK Unsyiah. Yaudah keterima. Yaudah kuliah.

Awalnya emang zonk dan kosong banget. Kuliah yaudah kuliah aja. Pas mau ujian yaudah belajar biar ga remed. Soalnya males remed, males kalo ga lulus dan ngulang. Tapi lama lama kok suka? Anatomi dan fisiologi kok jadi asik? Pas koas lebih asik lagi. Bisa nentuin diagnosa terus ngasih obat dan edukasi ke pasien itu.. sebetulnya addict banget.

***
Masuk tahun kedua koas kok rasanya jenuh. Kayanya gini-gini aja. Males, apalagi jaga malem. Apalagi lagi di THT, stase poli yang bikin lalai. Sore-sore keluar poli terus ketemu anak bedah, anak obgyn, dan anak-anak koas lainnya di parkiran lengkap dengan baju jaga mereka, rasanya kok jadi takut, jadi males masuk obgyn abis ini. Kayanya enak di THT terus *ya kaliiii*. Ngebayangin dinamika stase besar yang penuh tekanan, kok jadi ciut.

Anaknya emang payah banget, rapuh. Ga bisa disakitin dan ditekan-tekan. Makanya kalo dulunya tau senioritas di FK ini seberkerak ini, ogahhhh jadi dokter. Mending masuk fakultas lain yang penuh kedamaian dan persahabatan, tanpa senioritas yang.. ih malesinn banget sumvah. Mungkin kecuali THT ya.. dari 9 stase yang udah dilewatin, THT adalah stase dimana interaksi sama PPDS even ke konsulen-nya nyaman sekaliiii masyaAllahh.. tapi tetep segan dan sopan.

Tetep jenuh walau sudah memotivasi diri dengan sumayya. Ya walaupun kalo inget sumayya mah bawaannya malesssss banget koas. Main main sama sumayya di rumah jauh lebih aman. Kadang mikir yaudah apa gausah koas aja, di rumah lebih bahagia. Bisa masak juga, bikin kue juga. Wkwk gaya ah, padahal segala resep ke-kue-an udah lenyap ditelan resep-resep obat.

Tetap jenuh walau sudah memotivasi diri dengan.. cepat selesai sekolah, cepat jadi dokter, selesai penderitaanmu. Karena jadi dokter juga harus tetep kerja, kalo ngga periksa pasien, ilmu koasnya terkikis perlahan atuh.

Tetap jenuh, apalagi ngeliat koas ners yang datengnya kalo gak pagi, siang, ya malem. Asik amat sih. Beda banget sama koas kami yang memang wajib dateng dari pagi, kadang pagi buta, disesuaikan dengan jumlah pasien yang mau di follow up pagi-pagi, terusss sampe sore baru boleh pulang. Kalo jaga? Ya lanjut dari sore sampe malem. Besok paginya abis jaga libur? In your dream. Lanjut lagi kaya biasa, masuk pagi pulang sore. Lelah ih.. apalagi kalo nanti jadi residen. Beuhh.. membayangkannya saja kutakmampu.

Tetap jenuh, rasanya ga ada yang bisa ngasih semangat. Sekolah yang ga normal, dateng pagi banget. Oh dimanakah hidupku?

Inget banget dulu pas di bedah, masuk jam setengah 6, dan boleh pulang jam 4, atau kalo kerjaan atau operasi belom selesai, atau ada cyto, ya tetep di RS sampe planning selesai. Jam 11 malem, selesai gak selesai, baru boleh pulang. Jadi ya otomatis nyuci baju malem-malem, jemur baju ya kalo ga malem itu juga, ya pagi-pagi buta sebelum berangkat koas. Sumayya? Demi kemashlahatan bersama, sumayya lebih banyak di kampung pas aku di bedah. Pas juga sih mamak lagi nyiapin acara nikahan adek ipar, dan abua meninggal jadi banyak endesbre-endesbre nya.

Sejak koas, cita-cita jadi dokter keren berubah 360 derajat menjadi: ibu rumah tangga. Setidaknya sampe beberapa bulan kemarin, sampe abang yang menyadarkan, kalo memang mau jadi ibu rumah tangga yaudah sekarang aja. Kenapa harus repot-repot koas dulu kaya gini?

Mungkin karena perasaan bersalah yang besar dan menghantui diri inih karena ninggalin sumayya. melewatkan masa-masa sumayya penuh dengan kelucuan. Merasa ngerepotin mamak sama ayah. Yang harusnya tenang di kampung, malah dibikin repot dengan harus meng-handle sumayya. Merasa bersalah ga bisa nemenin abang di rumah. Kadang kalo lagi stase besar, makan pagi-siang-malam ya makan sendiri, laundry segala macem ya urusan abang.
senyumanmu memanggilku untuk pulang, Dek ๐Ÿ˜‚

Walaupun kalo liat residen yang perempuan juga mungkin nasib nya sama, bahkan lebih parah lagi karena anaknya mungkin ada yang udah dua, tiga dan tanggung jawab ke pasien kan lebih berat lagi kalo residen. Tapi emang dasar anaknya lagi jenuh.. yaudah..
***
Jadi gimana? Semangat untuk masuk ke obgyn 1 minggu lagi?

Sejujurnya obgyn adalah salah satu blok kuliah terfav dulu pas di kampus. Terfav karena udah pernah ngalamin sendiri gimana gestasi dan partus, terfav karena ilmunya pasti dan alur diagnosanya kaya yang jelas gitu. Skripsiku sendiri juga dibimbing oleh obstrician and gynecologist, karena memang topiknya masuk ke daerah obgyn. Dulu sempet pengen jadi spesialis obgyn tapi emang dari dulu gasuka sibuk sibuk dan hobi tidur. Secara ibu melahirkan kan ga mengenal waktu.

Seru dong bisa ketemu bumils nanti di obgyn? bisa nolong partus juga. Bisa baca baca lagi topik fav dulu plus langsung bisa prakteknya.

Senjata terakhir mungkin harus banyak banyak do'a,
ุงู„ู„ู‡ู… ุงู† ุฃุนูˆุฐุจูƒ ู…ู† ุงู„ู‡ู… ูˆุงู„ู‡ุฒู†
jangan jadi pemalas..
seru lho obgyn itu, terus anestesi, terus forensik, terus IPD, terus mata, terus FM dan Kesmasss.. terus UKDI terus iship terus liburan sepanjang masa.

Lagian dulu juga pas kosong beberapa bulan sebelum koas, bosen juga kan di rumah? ngakuu.. pengen punya kegiatan juga kann? hahaha.. iya sih.

Terus kemaren banget ketemu iniii.. udah lama dikasih sama Rise, sekitar pertengahan oktober tp baru baca lagiii.. huhu ๐Ÿ˜ญ.. beneran sih tapi jadi meningkat semangatnya. Memanglah rise ini, my hero banget..
"Se, ga jadi IRT juga sih.. tapi kalo ngambil S2 aja terus jadi dosen, boleh kann?" HAHAHA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar