Jumat, 22 Juni 2018

Stase jiwa: Menjiwai Ilmu Kedokteran Jiwa

"Bye RSJ.. bye.. bye.."
Hiks kok jadi sedih pas ninggalin RSJ untuk yang terakhir kalinya..
Sedih aja.. soalnya stase duduk manis sepanjang hari.. stase yang perawatnya gak suka nyuruh nyuruh.. stase yang konsulennya punya emosi stabil.. sempurna

Semoga prognosa sesuai dengan senyuman para dekkoas


Sedih juga sih kalo inget pasiennya..

Pasien jiwa tuh kalo deket kadang ngeselin, capek ditanyain yang aneh aneh, dimintain duit, belom lagi yang nge rap sepanjang hari, yang mandi 10 kali sehari, yang minta diambil bedak terus. Tapi kalo pas libur lama kaya kemaren ya kok jadi kangen sama berisiknya mereka. Wkwk.. mau bilang mereka itu kaya tulus gitu tapi orang dengan gangguan jiwa.. gimana dong?
***
Jiwa ituu.. gimana yaaa..
Koasnya selow banget.. lebih selo daripada di paru. Alias memang gaada kerjaan. Kalo ga inisiatif buat latihan anamnesis pasien atau kepo kepo terapi pasien, ya pasti bakal sibuk sama hape dari masuk sampe istirahat.

Terus tiba tiba udah minggu lima terus UJIAN. 
Kecuali kelompok kami deng.. masuk 3 minggu terus ujian.. libur lebaran yang amat fana 😭😭😭 sbis lebaran, masuk masuk terus ujian. Tolong selamatkan hamba yang lalai kemudian ngebut jejerin 3 buku pagi sebelum ujian.

Refreshing banget sih di jiwa.. apalagi kami yang udah 3 stase berturut turut dengan jaga yang selow. Kulit memang gak jaga, paru yang superb baiknya, jiwa yang skor jaga setengah di stase lain tapi keitung jadi satu disini. 

Tugas nya juga gak memberatkan.. cuma dua dan dokternya ga yang harus dihormati kaya gimana banget gitu.. lav lav
***
Hari pertama di jiwa itu langsung kena ruangan akut yang pasiennya masih fresh transferred from IGD 😲😲😲 dan disuruh masuk ke dalam jeruji pasien buat ditensi *padahal biasanya tensi pasiennya dari luar jeruji*

Hari itu juga cita cita jadi dokter jiwa rasa rasanya punah. Liat pasien teriak teriak, yang katatonik, yang bau pesing, yang diiket, yang dieeemmmmm aja. Waw. Waw. Waw.

Tapi beberapa hari kemudian pas dapet bagian ke poli psikiatri, beuhh jadi tertarik lagi. Memang anaknya labil sih.

Kasus pertama, ada anak yang sex ambigu. Awalnya dikira perempuan tapi pas smp yang sisi laki laki nya jadi dominan dan dipuuskan jadi lakii.. dokter akan  melakukan operasi kelamin. So  sebelum operasi, dikonsulaknlah ke psikiatri untuk persiapan jiwanya itu.. perempuan jadi laki tjuy. 

Berempati, memastikan mereka siap, mengarahkan rencana rencana kedepan ke pasien itu.. menjiwai sekali. Malah kuhampir nangis saat itu. Emejing banget ga si.
***
Tadinya kusudah mengikhlaskan dua kali lebaran selama koas. Tapi alhamdulillah ya lebaran pertama di jiwa. Memang tetep jaga.. gak libur. Tapi tetep berasa libur euy.. tetep bisa lebaran dan pulang kampung seperti biasa walau akhirnya.. terrrlenaaa~~ terus work plan numpuk. Belajar buat ujian keteteran.

Trauma sama pas di pulmo soalnya.. saking santhay nya jadi ga belajar betul betul pas mau ujian dan materi yang diujiankan ternyata yang kuabaikan yang sama sekali tak disentuh karena kukira tak mungkinnya kasus itu keluar. Alhamdulillahnya pada akhirnya sih lulus.. kalo gak bisa menyesal sampai ke ujung duuniaaa pasti akan kunanti.. *nyanyi*

***
Setia budi nafsiah zubaidah icut gunawan aji ishak hendrik dan pasien lapkas kami yang super kooperatif, bapak m yanis!

Akhir kisah sang pengedar
Terimakasih sudah jadi guru kami. Kalo bukan dari kalian darimana lagi kami belajar pelajaran jiwa yang sungguh sangat abstrak ini 😏
***

June 22th 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar