Minggu, 06 Mei 2018

Marahin anak?

*ketauan lagi males mengarang indah buat judul postingannya*

Harus diakui memang bukanlah hal yang mudah menjadi seorang bunda. Proses transformasi sejak awal mengandung hingga melahirkan, menyusui, dan mendidik seorang anak adalah penuh dengan usaha. *wedeh serius amat, neng*
Anaknya masih beler



Kenyataannya, menjadi seorang ibu bukan sekedar punya bayi lucu yang bisa di-uwel-uwel tiap saat, atau bayi yang bisa didandani ini-itu kemudian difoto dan di upload ke medsos. Bukan sekedar untuk menjadi temen 'main' di rumah.

Kenyataannya, menjadi ibu adalah menyediakan 24 jam waktunya untuk anaknya. Even untuk ibu yang bekerja atau sedang sekolah *merasa di mention*, walau raga entah dimana, tapi kalau ada panggilan emergency dari anak, harus siap. 

Kenyataannya, menjadi ibu harus bisa memutar otaknya 360° mencari sebab tangisan si bayi, mencari perhatian lain yang bisa mengalihkan dunianya saat batita sedang tantrum, mencari sela waktu me time supaya "happy mom raises a happy kid" tetep jalan.

Sedikit dari banyaknya sih gitu.

Menjadi ibu rumah tangga atau ibu pekerja, gak bisa dipungkiri kalau emosi yang kadang naik turun, apalagi wanita yah.. ada masanya mood swing ada masanya stabil.

Yang di rumah mungkin suka kesel, ini kerjaan rumah belom beres tapi anak kok gak tidur tidur. Atau kadang udah lelah abis cuci piring-jemur-setrika-nyapu-ngepel pas baru mau selonjorin kaki, eh anaknya bangun eh anaknya minta main.

Yang kerja atau yang sekolah lagi *ga boleh ketinggalan wkwkwk* kadang pulang ke rumah pengen lurusin kaki sebentar, eh baru nyampe pagar rumah, anaknya udah duduk manis di sepeda minta didorong keliling keliling. Atau tugas masih seabrek, eh kok malem ini tidurnya larut amat.

Sering sih kadang akumulasi akumulasi semuanya bikin kesel. Gak jarang anak jadi kambing hitam dan lebih gak jarang lagi (((lebih gak jarang))) *bilang aja sering, sih* lebih sering lagi anak jadi sasaran marahnya si mamak ini.
Walaupun kadang pas liat bapaknya esmosi ke anak, mamaknya marahin bapaknya. Padahal kalo mamak marahin lebih lebih waw lagi dan frekuensinya malah lebih sering 😥. Semoga kita gak termasuk kaum yang kayak gini.
***
Marahin anak, in my opinion, selain yang menurut teori-teori itu katanya bikin anak kurang percaya diri, menghambat kreativitas si anak, hanya akan menimbun bom waktu pada diri si anak.

Mungkin sekarang anak kita gak berdaya dimarahin. Tak kuasa membalas omelan. Tak cukup akalnya memberikan penjelasan. Cuman bisa menerima luapan emosi kita. Tapi tunggu 5, 10, 20 tahun lagi.. semakin sering dimarahin, semakin besar perlawanan anak pada orang tuanya nanti. Nanti. Gak sekarang. Dats the point. *ya sebenernya intinya ini sih tapi kok pengantarnya jadi panjang ya*


Entah dia bakal sering ngelawan, kurang percaya, yang pasti akan bikin kita nyesel..

Jangan hanya karena sekarang anak masih kecil tak berdaya upaya, mamak bapak seenaknya marah marahin. Hanya tinggal menunggu waktu sampe bom meledak.
***
Salah satu sifat pendidik adalah: tidak mudah marah. Dan totally sifat itu gue temukan pada diri abang dan ayah mertua gue.

Asliii itu ayah teh ke sumayya ga pernah marah, jangankan ke sumayya, ke kita juga ga pernah marah ih :') heran. Biarpun sumayya tantrum kayak gimana pun juga, berhubung usianya maaih dibawah 5 tahun, jadi sumayya diperlakukan bak raja. Apa aja diturutin. Kalo emang permintaannya berbahaya, dialihkan ke yang lain.

Tapi emang yang kalo nanem strawberry ya masa yang tumbuh buah mengkudu? Kan ga mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar