Jumat, 13 April 2018

Stase Kulit: Seberkas koas di poli 11

"Mencintaimu.. sebagai bagian terindah di hidupku.."
-Rossa, Bulan dikekang malam


 Wkwkwk emang ya anaknya masih labil banget. Kalo ga suka ya ga suka banget, kalo suka langsung keliatan banget sukaπŸ€”. Memanglahh.

Ye kan? Kalo kata  abang, harusnya tampak luar jangan terlalu ekstrim. Lagi senang secukupnya lagi sedih sekenanya lagi marah segitu gitu aja. Itu baru namanya stabil. Cool. 😎

Tapi.. tapi aku suka poli 11 iniiii..
*wkwk dasar batu*

Well hari ini hari terakhir di stase IKKK. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin. Lima minggu ini rasanya kutakingin berakhir.. cepat sekalii. Memang ya beda banget sama stase kemarin, seminggu aja ga abis abis berasa 10 minggu. Hmmm..

Kalo mau tau koas yang sebenarnya gimana, masuklah ke stase kulit. Ngerasain bimbingan yang sebenar benarnya dibimbing, ngerasain bahan belajar yang lengkap dan bisa diandalkan sejak hari pertama sampe ujian terakhir, ngerasain koas full dari jam 8 sampe jam 4 dengan peluang bb yang.. hampir gaada. Ngerasain anamnesis pasien sendiri, langsung melakukan pemeriksaan lab sederhana sendiri, dan the best thing is nentuin diagnosa dan terapi sendiri sebelum pasien kita bawa masuk ke dokternyaπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. 

Sangat excited memang.. which is di stase sebelumnya udah ada dokter PPDS jadi yang melakukan seemuanya ya PPDS. Kita tinggal ngekor ngekor manis. Tinggal tanya, ini diagnosanya apa dok? Cuman itu, ditambah tanya ini itu dikit, bahkan ga liat terapinya apa. Dan harus kuakui, yang kaya gitu bikin kita kurang menguasai. Teori sih oke, tp skill anamnesis nya itu lemah banget.  Hmm.. memang ya stase orang kok gitu amat ya. Even lewat di depan ruangan bagian itu aja bikin trauma. Apalagi disuruh masuk. Hooo makasihhh lah ya, no! *labil deteced*

Kalo sekarang, soklah we sini sodorin lesi kulit, kalo yang kompetensi dokter umum mah insyaAllah bisa aku diagnosa. Sombhong. Haha.
Ini tuh lagi mikir.. ilmu sekeren ini di kulit gimana caranya biar ga lupa sampe lulus jadi dokter nanti.. ini baru stase ke 4 dan masih ada 12 stase lagi. Semoga ilmunya gak tenggelam terlelap dalam kenangan. Huhu.

Dokternya jugaa aaa da best. Dokter pembimbing aku dr. Fitria apalagiii.. syantik, pinternya superb, baik pake banget, mengoreksi kesalahan tapi pake cara paling halus sedunia tapi kena dan bikin langsung belajar.  Duhhh..πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

Walau dokternya suka posesif sama kita para DM. Posesif masalah pelajaran, tapi gapapa biar kita pinter. Ke kita yang DM aja yang notabene nantinya dokter umum aja posesif bgt, ga kebayang deh ntar kalo sama PPDS di sini. Dek jangan lupa dibaca ya.. dek kok kamu gak tau? Di rumah belajar makanya dek.. dek penyakit kulit itu sebagian besarnya kompetensinya dokter umum, banyak belajar kalian.. dek nanti di puskesmas itu akan ada banyak sekali penyakit kulit.. 

Yang terakhir ini bener sih, soalnya coba aja nongkrong di poli kulit RSUDZA yang RS rujukan paling tinggi di provinsi, jam 10 aja kadang kayak baru buka. Pasien sebiji sebiji doang. Paling sesekali doang rame. Beda banget sama poli saraf anak bedah endokrin dll, jam 9 aja udah rusuh rusuh di poli. 

DM pencitraan  sok banyak bahan berserak di meja.

Kalau nilai moralnya di sini mengajarkan kita untuk serius belajar, care sama pasien dann.. punya persiapan.

Di sini gaada yang mendadak dangdut. Semua sudah direncanakan, sudah ada formatnya, sudah ada kit-nya. 

Malam sebelum bimbingan harus udah belajar, setengah jam sebelumnya ruangan harus udah siap, 15 menit sebelumnya semua sudah duduk rapih. Semua sampe hal hal kecil sangat diperhatikan. Hmm bahkan sampe nilai di kolom responsi lupa disalin sama dokter penguji aja jadi catatan. Ewkwkwk, geram sih kalo bagian hal hal kecil yang bisa dimaklumi tapi dipermasalahkan.

Ujiannya? Beuhhh tolong dicatat sebagai rekor. Sepanjang ini untuk pertama kalinya ujian dan aku baca satu modul, lengkap dari definisi sampe terapi dan edukasi.

Hilwa yang sejak masih di kampus musuhan sama farmakologi, yang dari dulu bilang sama rise kalo semua pasien mau w kasih madu dan habatussauda (wakakaka becanda yaa), hilwa yang sebenci itu sama farmako bisa hafal obat obatan di stase iniii.. ampe dosis dosisnya, ampe berapa lama obatnya diminum, sebegitunya ya belajar di kulit ini.


Overall, suka suka suka. 
πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

Bye. Bakal kangen. Banget.

Apr 13th 2018. Friyay.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar