Selasa, 18 Oktober 2016

Real medical student mom 2

Kalo yang ini beneran 'real' medical student mom.. bener-bener sendiri tanpa nenek2nya sumayya.
***
Bermula sejak jumat (14/10), selepas ujian blok 19, ibu mertua saya harus pulang ke Sigli, karena seninnya tetangga sebelah rumah kebetulan nikah.
Cecek saya, cek wati, kakaknya abi juga harus ke Medan karena ada sodara yang nikah..
Ayo berjuang tanpa nenek, Sumayya! *pict ga nyambung*



Biasanya, mamak (ibu mertua saya) akan banyak bantu jagain sumayya kalo saya ada kegiatan, dan cecek akan amankan urusan per-dapur-an.
Jadi saya tinggal belajar aja sebenernya kalo dipikir-pikir :')

Nah, hari sabtu dan minggu nya agak aman kan karena masih libur. Kalo mau masak, beberes dan lagi lelah, sumayya dititipin sama abang.
Etapi sumayya agak rewel juga, karena sabtu nya baru diimunisasi DPT yang ketiga.
Saya curiga karena bawaan hamil yang kerjaannya jalan-jalan mulu, bahkan kita jalan ampe ke Malang sana pas sumayya 5 bulan di dalem perut. Berefek pada, sumayya gak betah banget didudukin yaSalammm.. asli ga betah. Jangankan duduk, berdiri aja kalo cuman diem doang, dia udah grasak grusuk, tangannya langsung dorong-dorong badan kita minta jalan.

Jadi giliran lagi rewel gini, makin ga betah duduk di kamar, bahkan di rumah. Kalo diem, nangisnya lebih kenceng dari biasa pas dia ga sakit. Kenceng banget, kayak dicubit aja, padahal mah cuman ditidurin di kasur aja karena bunda lelah bawa jalan-jalan terus.

Sabtu-ahad-senin rewelnya.
Kadang udah abis teras depan, belakang, samping rumah, sampe ke depan lorong juga udah, *bahu ama tangan bunda juga udah abis kayaknya* eh pas dibawa masuk masih aja dorong-dorong kita minta jalan lagi. Ampunnn..
Minta jalan-jalan 
Tapi kalo udah beneran capek jalan-jalan, *loh kan kamu digendong, dek. Bagian mana yang capek?* pas sampe rumah, mimik dan langsung tidur. Hufff.. saat-saat paling berharga buat istirahat, eh, buat nyuci maksudnya. Sikat baju sumayya, masukin baju bunda dan ayah ke mesin cuci, jemur, setrika, masak, cuci piring, beresin kasur sumayya.
***
Hari senin sumayya masih rada-rada atit gitu, hari senin saya masuk jam 8-10. Masuk skill lab. Udah itu aja. Sayangnya senin, abang ngajar juga jam 8-10.30 nenek2nya belom pada balik, kakaknya abang juga ngajar ke sekolah.
So, pada siapa harus kutitipkan sumayya yang masih beler dan rewel ini? Yasudah, izin aja. Nanti masuk kelas inhal.

Maka pagi itu, mumpung sumayya masih tidur, baiknya masak dikit dan masukin baju ke mesin. Nyatanya, baru ngeluarin ikan dari kuklas dan ngerebus air.... dan dia bangun. Baiklah nak kalau itu maumu..

Hamdulillah si abang mau lanjutin masak, heheu..
Abang ke kampus dan sumayya masih bangun dan... omo dia mulai ga betah di dalem.

Baiklah, nak.. ayo kita mandi dan jalan-jalan.. di garasi aja tapi soalnya hujan.

Pas dibawa ke garasi, nangis nya itu loh..ga nahan banget. Dia minta keluar! Gamau di garasi aja. Buktinya pas di bawa keluar garasi, neduh-neduh ke teras depan, langsung diem.

Matanya ga bisa berenti liat-liat. Semua diliatnya. Langit, pohon, pagar, tanah, batu, rumah, lembu. Kalo udah selesai liat-liat, nangis lagi. Pindah posisi, diam lagi. Liat-liat lagi. Selesai liat, nangis lagi. Pindah posisi, diam lagi. Liat lagi. Da gitu-gitu aja terus sampe dia lelah.

Masalahnya adalah, karena hujan jadi spot jalan-jalan kami berkurang.. jadilah dia nangis-nangis di depan karena bosan. Jam 10 baru sumayya nyerah dan mau mimik. Jam setengah 11 baru tidur. Huff.. padahal targetnya jam setengah 11 sebelum abang pulang semua udah beres. Makan siang, setrikaan yang super numpuk, kamar udh rapi.

Apa boleh buat, setelah sumayya bobo. Barulah semua dimulai. Hamdulillah dia tidur tenang sampe kerjaan beres :') jazakillah neuk..
***
Hari selasa, abang masuk siang. Saya masuk jam 8-10.
Tadinya sempet gamau masuk lagi, gimana kalo sumayya nangis? Gimana kalo dia pup pagi-pagi pas aku pergi? Gimana kalo dia minta jalan-jalan terus sedang tangan abang sering pegel? Gimana banyak deh.

Tapi abang meyakinkan kalo "i can hold this problem, just go". Okey baiklah, dari malem udah deg-degan sebenernya, besok pagi sumayya gimana ya, bisa tidur gak ya dari jam 8-10?

Paginya... sejak shubuh sumayya udah melek dan gak terlihat ngantuk. Terpaksa kami jemur baju dan siapkan sarapan berdua di dapur. Agak bahaya sih, saya gendong sumayya sambil ceplok telor. Abis gimana dia gamau di taro di bouncher-nya.

Alhamdulillah jam 7 pas udah ceplok telor dan jemur baju, mungkin sumayya lelah. Jadi dia mimik dan tidur :)))))) wahhh, rejeki bunda solehah nihhh..  biasanya kalo jam 7 tidurnya, jam 10 br bangun. Hamdulillah saya bisa siap-siap dan kuliah dengan tenang, pikir saya.
Sumayya purapura jadi adek bayi lagi, dibedong bedong


Sampe saya udah keluarin mobil, sumayya masih bobo cantik di ayunannya. Aman, kamu bisa tutorial dengan tenang pagi ini, Hilwa.

Lalala, jam 9.45 tutorial selesai, tapi dosen masih ngasih tambahan. Perasaan udah ga enak, liat hape diem-diem, eh bener barusan aja abang sms suruh pulang kalo udh selesai, dede nangis.
Seketika waktu begitu lama berputar, penjelasan dokter juga rasanya panjang sangat. Ulala, rasanya mau langsung kabur aja :(((

Sampe rumah, sumayya lagi digendong ayahnya di garasi, tinggal pampersnya aja yang ada di badan. Pas liat saya masuk gerbang, langsung nangis kejer. Omooo cintakuuu, jadi sedih juga :(( saya peluk sumayya kuat-kuat.
Ternyata sejak jam 8 dia udah bangun kata abang. Abis itu ga nangis, masih ketawa-ketawa, sejam kemudian baru nangis. Good job, Baby..

Sumayya lelah juga kayaknya, dari shubuh belom sempet tidur yang lama lagi, jadi habis mimik, langsung tidur. Abang pergi melayat ke orang meninggal. Oke, saatnya beraksi.
Niatnya mau masak, dalam hati berkali-kali merapal mantra. "Sumayya ayo tidur ya, jangan bangun dulu, biarkan bunda masak dulu.


Ambil bahan di kulkas, blender bumbu. Saya pikir aman, saya hidupkan dua kompor. Satu untuk sayur bayam, satu lagi kuah ikan. Biar cepet.
Air buat kuah bayam baru mendidih, santan buat kuah ikan baru aja dimasukin. Dari kamar ada suara anak bayi nangis. Omooo bagaimana ini? Kompor saya matikan. Gimana kalo bangun tidur terus rewel terus mau macem-macem?

Saya angkat sumayya, alhamdulillah anaknya jadi kalem-kalem aja. Sumayya saya dudukin di bouncher yang ditaro di pintu dapur, kasih empeng food feeder satu ditangan.

Sumayya dan bouncher nya
"Sumayya tunggu di sini ya, bunda masak dulu"
Sambil masak, sumayya saya ajak ngobrol supaya dia ga merasa sendiri.
Yash, balapan masaknya biar ga keduluan sama nangisnya sumayya heuuu..
Hamdulillah, pas selesai pas dia ga betah lagi.
Yee.. ayo kita mandi dekkkk
Abis mandi dan sumayya bobok :)))

Rumah, 18 okt 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar