Jumat, 31 Oktober 2014

Alumi goes to KINDERGARTEN

Pernah berkunjung ke tempat yang sudah hampir 15 tahun tak pernah dikunjungi?
Pernah terbayang, akan kembali datang ke Taman Kanak-Kanak tempat kita dulu menuntut ilmu, tapi dengan status dan kondisi yang jauh berbeda?
Ah, kalau kau tahu.. rasanya.. bahagia dan haru yang tak tertahankan. Harunya tuh, di sini *tunjuk hepar*
***
Adalah Community Visit yang memaksa gue untuk mengorek kembali kenangan masa kecil itu. Waaaa.. terlalu indah untuk dilupakan.
***




Jadi ceritanya bermula sejak.. eh, sebelumnya biar gue jelasin, apa itu community visit (comvis). Comvis adalah kegiatan kunjungan mahasiswa FK gitu. Karena kita sedang belajar tentang masa “Anak dan Remaja”, jadi comvis dilakukan ke TK, SD, SMP, SMA dan SLB. Nah, setiap sekolah akan dikunjungi oleh dua kelas kecil mahasiswa (sekitar 20 orang)
Pas lagi briefing buat kegiatan comvis ini, otak gue ga bisa berhenti berharap sejak gue ngeliat daftar destinasi sekolah. Adalah “Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Ar-rahmah” yang bikin gue langsung kayak kejatuhan batu *apaan sih -.-*
Ada sekitar 8 tujuan sekolah (kalo gak salah). Dan mata gue langsung ga bisa pindah begitu baca destinasi pertama. TKIT Ar-Rahmah. Aaaa… ngarep banget bisa dapet comvis ke sana :”)
Intermezzo-nya: beberapa temen-temen yang lain, em.. mayoritas sih, pada nanya. “TKIT itu apa? TK internasional?” ngek ngok -__- di satu sisi gue mengaminkan. Di sisi lain, sebagai ‘anak –IT’ tulen (dari TK sampe SMA gue selalu masuk ke sekolah –Islam Terpadu atau -IT. TKIT, SDIT, SMPIT, SMAIT. Gue sih curiganya, kalo ada universitas –IT, gue bakal disuruh masuk ke sana juga dah kayaknya ama ummi dan abi) gue merasa tersungging gitu, dalem hati “Whatt? Lo gatau apa itu –IT?” okey, pertanyaan itu bisa gue maklumi dengan jawaban “oh iya wa, kan kalo di Aceh mah, sekolah –IT bisa dihitung pake jari. Dan lokasinya juga cuman di kota besar aja :’)” baiklah, kemudian dengan senyum paling bahagia, gue ngasih tau kepanjangan dari –IT.
***
Mari kembali ke jalan yang lurus.
Di rumah, sepulangnya dari briefing, gue langsung nyariin ade sepupu penerus gue yang juga sekolah di TKIT Ar-Rahmah.
“Yasminnn.. yasminnn”
“apa kak iwaaa?” kepalanya nongol dari pintu rumah.
“Minggu depan kak iwa sama kawan-kawan mau ke sekolah yasmin lohhhh. Kami mau periksa-periksa anak kecillll” padahal saat itu gue belum tau bakal kebagian comvis ke sekolah mana. Yaudah, gapapa sekalian jadi doa lah. Semoga beneran dapet di TKIT Ar-Rahmah.
“iya? Ngapain ke sokolah (sekolah) yasmin?” yailah ini anak.. padahal kan baru aja gue jelasin. Wkwk lawak banget dah anak kecil.
Percakapan gue dan yasmin di skip aja. Ga penting soalnya, beneran ga bohong. Kalo ngomong ama yasmin tuh bisa nyambung entah kemana, sumveh ini anak kecil banyak banget ngomongnya. Pinter lagi.
***
Sepertinya Allah mau menguji gue tentang penerimaan. Karena awalnya, nama gue tertulis sebagai mahasiswa yang dapet comvis ke TKIT Al-Azhar. Hiks, sedih? Banget :’ di kelas gue meluk-meluk temen gue yang kebagian comvis ke TK gue dulu. Okay, gapapa.. mau gimana lagi? Mau merengek ngambek nangis segala macem juga ga bakal bikin nama gue pindah dari tabel yang satu ke tabel yang lain, ya kan?
Tapi, sodara sedarah! Ternyata lusa nya, komting gue ngumumin kalo kelompok comvis diubah lagi.
Dan.. guess what? Gue kedapetan comvis ke TKIT Ar-Rahmah, Mbabrohhh.. kebayang ga sih betapa bahagianya rasanya. Rasanya mau lari-lari sambil nangis haru sampe ke museum tsunami.
***
Kamis, 30 Oktober 2014
Jam 7 gue dan Safiyah udah stand by di titik temu kelompok kita. Setelah sebelumnya kami berdua berhasil mengambil timbangan badan dengan susah payah dari rumah Ka Nazly.
Jam 8, setelah semua ngumpul, kita langsung caw ke lokasi kejadian.
Begitu sampe di sana.. 
Gaada yang berubah dari TK itu, hanya taman bermainnya yang semakin lengkap, dan kelasnya bertambah banyak. Satu lagi, telfon umum yang kalo mau dipake harus dimasukin uang koin itu loh, yang warna biru, yang suka kita pake buat nelfon ‘Si Komo’ udah gaada. Sisanya? Masih sama. Bahkan gue bisa ngebayangin gue versi kecil dan temen-temen yang lari-larian di TK. Tempat favorit gue buat main masak-masakan, tempat gue duduk belajar iqra’, nunggu di jemput, tempat gue latihan nari. Ahh..
Dan yang gak kalah menarik adalah..

Lucu bangett.. sebelum masuk kelas, mereka bernyayi, berdoa dan baca asmaul husna, keren kan? 

TK nya masih seperti yang dulu. "Dulu kan abi yang ngantar setiap pagi, Kak" abi gue juga jadi nostalgia ngeliat foto ini.

Siapa yang bisa tahan ngeliat anak kecil dengan baju kuning sebanyak ini? Uuu gemesh bangetttt.. rasanya pengen panjangin tangan dan meluk mereka semua. Okay, gue juga pernah berdiri di sana dan menggemaskan seperti mereka, kok.
Gue jadi mikir..
Tidak kah kita berkaca pada mata-mata kecil itu? Yang ketika dipandang saja, sudah menjadi tersebabnya sunggingan senyuman pada orang yang memandang?
Ya kan? Coba Tanya dah ama temen kalian, ada yang bahagia hanya dengan ngeliat wajah dan tingkah laku kalian? Gue rasa,  jawabannya adalah.. nehi!
Yuk, belajar dari anak-anak yang penuh kejujuran. Sehingga tak ada lagi ruang bagi dusta yang memperkeruh wajah mereka :’) sehingga ketika dipandang, hanya akan menyundang senyuman.
***
Alhamdulillah, kepala sekolah nya, Bu Imul, masih kenal sama gue. Bu Cut juga kenal ama gue. Dan.. dari Bu Imul, gue tau kalau gue adalah angkatan ke-3 di TK itu. Baiklah, siapa ya temen se-TK gue dulu? Wafa, Fitya, Hasan, Yasin, Oja, Hasbi, oke oke.. gue tau, nama temen TK gue ga cukup penting.
Tugas gue selama comvis adalah, ngajarin mereka cara cuci tangan yang benar. Partner gue, Puput. Kita bawa poster, sabun cuci tangan, juga video cuci tangan pakai sabun.
Bahagia banget deh, ngajarin anak-anak unyu itu. Belajar menarik perhatian mereka, belajar memilih kata-kata yang sederhana supaya mudah dipahami, belajar bikin mereka mau ngomong dan aktif, belajar menyelami dunia mereka.
Bu Guru, (calon) dokter, dan.. teman-tenanndari TKIT Ar-Rahmah



"Maaf ya bu.. anaknya kok diajarin selfie"

Gue juga ngerasa bisa memberikan ‘sesuatu’ gitu deh buat almamater gue jaman dulu ini. Ilmu yang gue bagi bukan buat yang lain, tapi buat tempat dimana gue dulu pernah tumbuh dan berkembang di sana (baca: di TKIT Ar-Rahmah).
Ya, mungkin dulu gue ga pernah nyangka, kalo anak kecil dengan badan kecil dan gigi ompong itu bakal kembali ke TK ini dengan status sebagai mahasiswi kedokteran yang mau ngasih penyuluhan dan pemeriksaan anak.
Tuh, Wa.. bersyukur makanya, kalo kamu kuliahnya di Jakarta, mungkin kebahagiaan semacam ini ga akan bisa kamu rasakan.
Bahkan ketika harus kembali ke kampus, karena kegiatan sudah selesai.. rasanya tuh.. berat banget. pengennya di TK terusss.. jalan-jalan dulu, keliling TK, naik ke balee (balai), nge cek pohon bunga kembang sepatu yang dulu sering gue cabutin bunganya buat diulek-ulek. Rasanya pengen terus main sama anak-anak dan ngeliat senyum-senyum tulus mereka.
Tapi.. sebelum gue ngeliat senyum tulus anak TK.. kayaknya buku Ilmu Kesehatan Anak di meja ini udah pada ngeliatin gue Minta dibaca dari tadi..
Inia diaaaa penghuni B-01 ^^
Oke, oke, besok tutorial. mari cari bahan kuliah dulu!
Terima kasih Allah, untuk hari ini. Terima Kasih Allah, untuk harapan yang kau sambut.
‘rumah baru’, oct 30th 2014
11:57 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar