Senin, 01 September 2014

Freelance on Holiday

Memulai hari pertama kuliah tanpa kuliah.
Bingung?
Begini..
Aku baru saja melangkahkan kaki masuk ke dalam kelas, menyapu pandangan pada seluruh sudut kelas, mengamati punggung teman-teman yang entah sudah berapa lama tak bertegur sapa.
Aku baru saja melangkahkan kaki masuk ke dalam kelas, saat ketua kelas kami maju ke depan dan meraih mikrofon. Kemudian mengumumkan bahwa, kelas pagi ini akan diundur entah sampai kapan.
Maka seketika heboh-lah 190-an calon dokter di ruangan itu, bersorak bahagia.
Aku?

Antara sedih dan senang. Sedih karena kuliah dibatalkan, senang karena kuliah di batalkan. Hahaha, tak usah kujabarkan mengapa. Karena bukan itu yang akan kita bahas kali ini, yang barusan hanya sebuah prolog yang ga nyambung sama bahasan di bawah, hehe.
***
Sebenarnya sudah beberapa minggu yang lalu pengen di post, tapi berhubung draft nya ke hapus *curcol*, jadi.. Untuk nulis ulang tuh, rasanya....... Kayak mau manjat tebing di Lampuuk. Sakitnya tuh.. Di sini *nunjuk-nunjuk jempol*
Berhubung masih dengan suasana liburan, gue mau curcolin satu lagi agenda liburan gue, selain tahfidz bareng Ka Fitya dan Wafa (bisa dibaca di sini), apa ituu? Jeng jenggg.. JADI KASIRRR..
Ceritanya selama liburan kemaren gue nge-freelance gitu jadi kasir di Ulee Kareng Swalayan, swalayan punya Yah cut (om) gue. Swalayannya di deket simpang tujuh Ulee Kareng, di depan masjid Ulee Kareng *kalo belanja di sana aja yaaa* *promosi*
Awalnya karena gue iseng doang. Kan gue abis lebaran, ga ikutan balik lagi ke Jakarta, jadi awal-awlanya gue nganggur gitu di rumah gatau mau ngapain. Trus ya, sekalian pengen belajar nyari uang juga, masa udah segede gini belum bisa ngehasilin uang sendiri, ckckck..
Pas gue belanja bulanan di swalayan, gue jadi pengen nyobain kerja jadi kasir. Hihi kayaknya seru, mencet-mencet mesin kasir, trus ber-ramah-ria ke pengunjungnya.
Akhirnya gue nyamperin Bunda cut (tante) gue,
"Bunda cutt.. Kak iwa mau lah coba kerja jadi kasir. Boleh?"
Reaksi Bunda cut gue? Ketawa guede bangetssss..
Oh men, gue salah ngomong ya, tadi? Kenapa Bunda cut gue ngakak gitu? *salting garuk garuk jilbab*
"betul mau jadi kasir, Kak? Hahaha, gampang sih kalo jadi kasir. Yang penting jujur aja. Yuk mau mulai kapan?"
Yeee.. Gue dibolehinnn :D "besok aja ya, Bunda cuttt. Coba dulu setengah hari"
"hm.. Oke, boleh boleh boleh, besok ya"
***
Dan besoknya, siang-siang gue beraksi! Hap happ.. Setelah diajarin cara jadi kasir, jadilah gue beneran jaga kasir swalayan.
Kalau siang, pembeli relatif lebih sepi dibandingkan sore. Siangnya gue gabut gitu gatau mau ngapain, eh pas sorenya langsung kewalahan ngelayanin pembeli yang ngantri panjanggg.
Jadwal gue jaga kasir adalah hari sabtu sore dan minggu pagi ditambah hari dimana pegawai swalayan ada yang berhalangan, semacam menunggu panggilan gitu..
Ternyata disamping capek kalo pembelinya lagi banyak, jadi kasir asik loh. Dan gue jadi belajar banyak hal :)
Walaupun awalnya gue masih suka kagok, misalnya.. Semua barang udah gue hitung harganya, eh.. Ternyata lupa dimasukin ke plastik. Jadinya semacam pemborosan waktu gitu. Harusnya, barang yang udah dihitung langsung dimasukin ke plastik, supaya cepet. Pernah juga gue salah ngasih kembalian *aduh maluuuu*. Dan yang paling memalukan dan payah adalah.. Ada beberapa barang yang nggak ditempelin harganya, dan.. Gue gak hafal harga semua barang di sana, so? Jadilah kalo ada barang yang gak ditempelin harga, gue manggil-manggil Kak Sasih, atau manggil ade sepupu gue yang kelas 4 SD, anaknya Bunda cut yang dia hafal harga-harga di swalayan itu. Kadang kalo gue lagi rempong nanya harga, ibu-ibu pembeli suka geleng-geleng kepala sambil senyam-senyum terus nanya,
"pegawai baru ya, Dek?" hohoho, gue iya-in aja sambil disenyumin juga, biar cepet.
Masalah lain adalah, gue ga hafal barang apa aja yang ada di dalem swalayan. Sedangkan karena gue duduk di bagian depan, jadi pembeli yang dateng pasti nanya nya ke gue. Misalnya, "Kak, ada minyak rambut cle*r yang sedang, nggak?" atau "Dek, ada baterai remot TV?" atau lagi nanya letak barang "Kak, pampers swe*ty yang size S dimana ya?"
Ngek ngokk.. Awalnya gue langsung diem. Mikir keras. Untungnya biasanya kalo begini, pegawai lain dateng dan menyelamatkan gue, atau gak gue yang manggil-manggil trus bilang ke pembelinya "coba ditanya ke kakak ini aja ya, Bu" trus gue nyengir. Huftt..
Ya, di antara ke rempongan-kerempongan, gue belajar banyak hal juga.
Yang paling gue suka adalahhh.. Beramah tamah sama pembeli, menebar senyum, seenggaknya gue dapet pahala shadaqah :') "ini ibu kembaliannya ya, makasih Buuu" yeay, gue seneng banget kalo pembelinya bales senyum dan bahagia. Keramahan yang sekalian nutupin kalo gue melakukan kesalahan sebelumnya pas lagi ngitung barang dia.
Yang lain.. Gue belajar memanfaatkan waktu. Ada banyak waktu kosong diantara nungguin pembeli di swalayan. Awal jaga gue cuman duduk-duduk ga jelas. Tapi pada akhirnya, gue merasa gabut dan besoknya gue bawa kitab kece, or what we call "Al Quran" jeng jengg.. Sambil nunggu, sambil tilawah. Sambil nunggu, sambil murojaah. Kan asik tuh, nambah pahala selain pahala shadaqah ;)
Asiknya kalo jaga, ada ade-ade sepupu gue yang unyu bin lucu yang suka maen-maen di swalayan, masih pada kecil-kecil, paling kecil yang umurnya setahun. Jadi gue bisa sambil ketawa-tawa main sama mereka u.u
Ada banyak hal-hal baru yang kecil, tentang dunia kasir, kayak gimana milih plastik, nyusun barang di dalem plastiknya. Trus juga gimana caranya supaya bisa cekatan, hap hap semua beres dengan rapi dan mengundang senyum pembeli :)
Termasuk.. Gimana kalo lo lagi sendiri di toko karena situasi tertentu, dan harus menghadapi anak kecil satu tahun yang ngambek banget gara-gara dia baru bangun tidur dan.. Tidak menemukan Ibu nya dimana-pun. Ohhh.. Itu pernah terjadi, siang bolong. Gue bingung banget harus gimana. Dia tiduran di tangga. Mau gue tinggal meja kasir, tapi kasirnya gaada yang jaga, ntar uangnya kenapa-napa. Kalo ade nya gue tinggal di tangga, ntar dia ngeguling jatoh ke bawah, bisa hancur karir kapten. Ckckck. Tapi untungnya toko lagi kosong, jadi gue bisa bolak-balik. Sebentar di meja kasir, sebentar ke tangga. Terus aja gitu, ampe lantai swalayan jadi licin.
Edisi ngambek
Edisi bahagia

Ya itu cuman sedikit berbagi tentang kerjaan gue selama liburan. Yang mengajarkan gur untuk menghargai usaha, tetesan keringat peluh *mulai lebay* yang keluar, karena ternyata... Nyari uang itu nggak gampang, pemirsa.. Huft, jadi keingetan abi kan. Makanya, sebagai anak yang baik, ayo cari penghasilan sendiri! Apalagi yang udah segede gini.
Caranya? Kata Nabi, 9 dari 10 pintu rezeki ada pada berdagang! Buka kata-kata gue itu, kata-katanya nabi, lohhh.. Percaya ga? Just try.

Kopelma,
First of sept♡ 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar