Senin, 14 Juli 2014

Cerita Lagi

"huft, lampu teras udah mati aja, pagar juga udah dikunci. emang jam berapa sih ini?" gue ngeliat jam di tangan kiri gue. "pantesan.. udah jam sepuluh". Ogah-ogahan gue buka pintu pagar, dan gue kunci lagi.

Di teras rumah,dua sepeda sepupu gue menghalangi gue yang mau masukin motor. Hap, oke sepeda gue pinggirin. Dan.. eh, pintunya udah dikunci. Pintu yang satu lagi, dikunci juga. Terpaksa gue harus ngetok rumah paman gue, gak jauh, muter ke samping dikit. Tapi, lampu rumah dan kamarnya semua mati. Oke, jadi dari mana gue bisa masuk ke rumah?. Untungnya di saat genting seperti ini, ternyata lampu kamar si abi masih nyala. Gue manggil-manggil abi dari jendela. Huft untungnya abi belum tidur.
Pintu rumah di buka, dan motor bisa diparkir dengan cantik pas di depan pintu kamar gue.
Huahh.. rasanya pengen langsung tepar ngeliat kasur yang udah ngedip-ngedip ga jelas. Tapi.. tidak! Gue harus ke dapur, nge-cek makanan buat sahur besok kalo kejadian saat sahur pertama ga mau terulang.

Emang ada apaan? Hari pertama sahur di Aceh, di saat gue masih ngucek-ngucek mata di ruang makan, gue baru sadar kalau gue.. gak punya lauk buat sahur! Oh men. Gue ngeliat jam, masih setengah lima. Ada setengah jam lagi. Kakek gue masih anteng makan sambil nyodorin kuah ikan dan satu lagi juga lauk dengan ikan. Akhirnya gue pergi ke dapur dan goreng otak-otak 3 biji karena cuma itu yang ada di kulkas, gue belom belanja. Lalu gue sahur dengan kuah ikan dan 3 biji otak-otak. Beda banget kalo di Jakarta, bangun tidur, gue bisa langsung duduk manis di meja makan dan makan sahur dengan tenang dan bahagia.

Oke, kembali ke laptop.
Dengan mata yang udah minta ditutup, gue buka kulkas. Kemudian cuci sayur dan mulai motong-motong dannn tara, selesai juga. Besok tinggal panasin dikit aja. Cucian piring yang ternyata udah numpuk juga turut serta gue beresin. Oke, beres.. hap hap, mari sambangi alam mimpi.
***
Ternyata harus pulang malem juga gue, dikirain sampe di Aceh bakal nganggur di kamar dan gabut gitu. Gak taunya.. huft.. tapi gapapa sih, seru juga. Apalagi hari ini, gue ikut aksi kemanusiaan untuk palestina dari jam 9 pagi sampe jam 12 siang.

Padahal awalnya gue mager banget, mana gak sahur, jadi pengen hibernasi aja, tapi akhirnya jam Sembilan kurang dikit hati gue tergerak dan gue siap-siap. Aksinya seruuu.. ini kali kedua gue dateng aksi Palestina sendirian, biasanya kalo pas kecil dulu kan cuman ngintilin ummi aja kalo lagi aksi. Sekarang pergi sendiri. Ga nyesel berdiri penuh peluh di bawah teriknya matahari, aksinya seru. Em, sebenernya gue suka ngedengerin orasinya sih, keren. Mungkin suatu saat nanti gue bakal gantiin Abi, Bu Illiza atau Kak Rin berdiri di sana buat orasi. Mungkin. Btw, Ternyata benar kata Kak Ayi, Bu Illiza cadel huruf ‘r’, hihih, tapi tetep keren kok! Proud of ya, Bu Illiza J senang sekali bisa punya ibu walikota yang peduli Palestina seperti Anda.
Bunda Illiza sedang orasi :)


Dan yang ga kalah menyenangkan adalah,seusai aksi, gue bisa sholat Dzuhur di masjid raya baiturrahman, karena memang aksinya bertempat di depan masjid raya. Masjid kebanggaan kami, rakyat Aceh, yang menjadi saksi atas cinta yang selalu ada untuk Palestina. Kalo sholat di masjid raya tuh bawaannya enak aja, suka pokoknya suka! Pengennya sih lama-lama, tapi apa daya, gue harus rapat lagi jam 2 nya, jadi cuman bisa tilawah bentar dan harus caw ke lokasi rapat.

Sebelum pergi dari masjid raya, gue sempetin jalan ke sisi depan masjid. Ngeliatin kolam ikannya, yang dulu jadi tempat kesukaan gue karena gue bisa ngasih makan ikan. Terus gue pergi ke deket menaranya. Sama dengan monas yang dari atasnya kita bisa melihat pemandangan kota dari sana, di menara masjid raya ini-pun kita bisa mendapatkan pemandangan yang sama. Ah, kangen. Besok ke sana lagi, yuk!
Masjid Raya Baiturrahman, gue foto dari depan



Sebelum pergi buka puasa bersama atau ifthor jamai bareng UKM forum silaturrahmi (fosma) Unsyiah dan Qatar Charity di masjid jamik kampus, gue siapin bukaan dulu buat kakek gue. Hap hap! Yang spesial di bukber-an adalah, ada Pak Alfiyan, pembantu rektor 3 Unsyiah. Dan sore itu, Pak Alfiyan dikasih kenang-kenangan berupa karikatur dirinya oleh fosma, so sweet. Dan akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya, gue kembali bisa sholat tarawih di masjid kampus :”)

Kalo lagi begini pengennya di Aceh terus, bisa sholat di masjid sana-sini, bukber di sana-sini, rapat sana-sini, pokoknya bisa ke sana-sini kemana-pun yang gue mau. Ga kayak di Jakarta yang kalo mau kemana-mana susah sekale izinnya, mana harus di anter. Huft -,- haha gaapa, ayo siap-siap packing! Lusa pulang!

Tanoh Lon Sayang {} July, 13th 2014- Sunday


Tidak ada komentar:

Posting Komentar