Minggu, 29 Juni 2014

Namanya Tami

Namanya Tami, lengkapnya Nurul Utami.
Perawakannya kecil, tapi masih lebih tinggi daripada saya. Kulitnya putih, pipinya embem dan kalau udah ketawa, merahlah seluruh pipi dan wajahnya.
Namanya Tami, kami memanggilnya "Temi"
Pertama kali mengenalnya
ketika kami belajar bahasa inggris di Pare, Jawa Timur. Saat itu tahun 2010, kami bersama teman-teman satu angkatan berangkat ke Pare. Di sana aku mengenalnya, hanya tau nama dan wajahnya, serta asal SMP nya. MTsN Darul Marhamah, sebuah sekolah asrama khusus putri, dia pernah menjabat sebagai ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sana. Hanya itu yang saya tau saat itu.
Namanya Tami, atau panggilan keluarganya "Mba Ami"
Entah sejak kapan saya mulai mengenalnya lebih dalam, tapi  yang saya ingat, masih ketika kelas 10 SMA. Saat itu kami pergi ke Pulau Seribu bareng temen seangkatan. Kayaknya mulai saat itu kami dekat. Dan sejak hari pertama masuk sekolah setelah kembalinya kami dari Pulau Seribu, sejak saat itu kami mulai duduk sebangku, berdua.
Namanya Tami, impiannya mau jadi pengganti Kak Seto.
Orangnya berisik, banget. Ga bisa diem, seeemua hal diceritain. Mulai dari keluarganya, sepupunya, om dan tantenya, eyang nya, temen SD nya, temen SMP nya, dedemenan nya, cita-citanya, novel kesukaannya juga diceritain sampe-sampe saya ngerti cerita novel-novel kesukaannya walaupun sama sekali ga pernah liat wujud asli novel itu, semua diceritain. Tami selalu semangat, apalagi kalo abis ketemu dedemenannya di kantor, hahahaha itu pasti langsung heboh cerita sampe mukanya merah *peace, Tem. Kalau lagi bareng Tami, jangan takut suasana akan hening, dia pasti akan cerita sesuatu.
Tami pengen banget masuk jurusan psikologi, pengen banget. Dia selalu cerita pengen jadi penggantinya Kak Seto, yang psikolog itu loh. Ya, tami cocok jadi psikolog, dia bisa jadi pendengar yang baik buat saya juga buat temen-temen yang lain. Ga cuma dengerin, tami juga ngasih solusi buat kita, atau minimal tami bakal menanggapi dan menenangkan.
Dan impian tami menjadi nyata, melalui jalur SBMPTN, tami diterima di jurusan psikologi Univeraitas Negeri Jakarta. Selamat belajar, berjuang jadi pengganti Kak Seto, aku tunggu kabar baik dari kamu 9 tahun lagi :)
Namanya Tami, kesukaannya jus stroberi.
Ditengah pelajaran-pun walaupun kami selalu duduk di depan meja guru, kalo ngidam jus stroberinya lagi kumat, dia bisa minta-minta jus stroberi terus sepanjang pelajaran. Dan gak lama, saya bakal ikutan ngidam jus stroberi juga. Dan setelah itu kita mewek-mewek berdua di luar kelas pengen jus stroberi. Haha becanda. Susah tinggal di asrama memang. Tapi beneran, saya jadi suka jus stroberi sekarang. Ya, walaupun di aceh, jus stroberi adalah minuman yang saaaaaangat langka. Pengganti jus stroberi di Aceh adalah jus terong penjajah, atau terong belanda.
Namanya Tami, kemana-mana selau bawa Diaz dan si Kutu.
Dua boneka kesayangannya, bahkan ketika kami sekolah kami ngadain kunjungan universitas ke Jogja-pun, salah satu boneka itu dia bawa.
Namanya Tami, kami selalu  duduk berdua.
Di kelas, kami duduk di depan guru, dan di kolong meja kami selalu ada makanan pelawan ngantuk, apalagi kalo pelajaran fisika. Tapi itu ide saya, bukan ide tami.
Setiap hari pertama kenaikan kelas akan selalu jadi hari yang membingungkan. Masuk ke kelas, dan.. bakal duduk dimana ya? Tami mau duduk bareng lagi ga ya? Kemudian saya bakal taro tas dan ga lama tami dateng dan naro tas di sebelah saya. Atau sebaliknya, tami yang duluan sampe dan saya kemudian duduk di sebelah tami.
Dalam bis field trip pun kami berdua, kadang saya duluan yang ngajak, kadang tami duluan yang ngajak. "Tam, ntar di bis ke Jogja duduk sama siapa?" "Nggak tau wa?" "Bareng ya" "Okeeee" atau "Wa, udah ada temen duduk di bis?" "Belum" "Bareng, yuk" "Ayukk"
Namanya Tami, dia tetep jadi temen cerita, walaupun jarak kami Aceh-Jakarta.
Seemua diceritain, mulai dari asmara, pelajaran, keuangan, keluarga. Tami cerita gimana susahnya dia empet-empetan berjam-jam di busway kalo mau kuliah dan saya akan pamer bisa naik motor dan bakal sampe kampus dalam waktu 3 menit.
Namanya Tami, orangnya baikkk banget.
Dia perduli sama orang-orang di sekelilingnya, senang membantu. Suka anak kecil, yang paling favorit adalah Nayla atau biasa Tami dan Jiman panggil "Nayla Gendut a.k.a Naydut" anaknya Bu Ainun, perawat di klinik sekolah. Tiap istirahat sekolah pati ngajakin saya dan Jiman ke klinik, selain buat ngukur tinggi badan yang akhirnya naik satu senti, juga buat nimbang berat badan Tami yang susah banget nambahnya. Tapi tujuan utamanya adalah nyari Naydut, kadang bawa coklat, bawa susu, bawa choki-choki atau apapun yang bisa bikin Naydut tertarik.
Namanya Tami, seneng sama yang berbau korea.
Ini salah satu poin yang nggak match di antara kami. Tapi tidak masalah. Saya suka mendengarkan tami bercerita drama yang baru tami tonton, video klip boyband-nya, tentang Chen, Nichkun dan Victoria dalam WGM, tentang personil Super Junior yang mirip seseorang, semoga kapan-kapan tami bisa ke Seol, ya.
Namanya Tami, hari ini usianya genap 19 tahun.
Mungkin ga bisa ngasih hadiah langsung kayak aku ngasih kado boneka Sisy ke kamu 2 tahun yang lau, tapi tulisan sederhana ini aku hadiahin buat tami hari ini. Bikinnya mepet di atas pesawat Aceh-Jakarta sambil nonton Manusia Setenga Salmon-nya Raditya Dika, jadi ga semua bisa diingat. Yang jelas..

MBAMIIIIII TEMEN SEBANGKU 3 TAHUNKUHHHHHH.. BARAKALLAH semoga umurnya berkah semoga mudah jodoh semua jadi pengganti kak seto semoga makin sayang sama aku semoga tetep sholihahpinterdanbaik semoga makin kece badai cetar membahan semoga ga galau terus semoga Allah selalu melindungi dan sayang sama mbaamikuuu.. uhibbuki fillahhh.

10:32 PM, diatas langit Aceh-Jakarta.
27 Juni 2014, Kamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar