Selasa, 15 Juli 2014

SATU TAHUN

14 juli, ada apa, ya?
Coba liat kalender? Tanggalnya masih warna hitam.
Sodara lo ulang tahun? Kagak ada yang ulang tahun.
Ada buka bareng di kampus? Engga.
Jadi?
Engga ada apa-apa sih. 14 Juli adalah hari pertama dimana si hilwa menginjakan kaki di Banda Aceh sebagai mahasiswa baru di FK Unsyiah, adalah hari pertama si hilwa merantau ke kampungnya sendiri. Setahun yang lalu, pada tanggal yang sama, gue dan faza beserta umminya datang ke Banda Aceh untuk registrasi mahasiswa baru. Dan tahun ini, pada tanggal yang sama, gue lagi mau packing buat pulang ke Jakarta besok sore, ga kerasa gue telah melawati masa-masa tahun pertama menjadi mahasiswa sekaligus tahun pertama merantau ke kampung sendiri.

Gimana ya rasanya?
Karena gue merantau ke kampung gue sendiri, Aceh, maka gue ga tinggal di kos-an. Tapi tinggal di rumah kakek gue yang di sana juga tinggal keluarga paman gue dan keluarga bunda (tante) gue. Jadi ada 5 ade sepupu yang berisik di dalem rumah dan 1 abang sepupu yang sebenernya seumuran gue yang kuliah di FKIP Sejarah, Unsyiah.
Jadi, rasanya tahun pertama kuliah di sini tuh.. sesuatu. Gue menemukan dan belajar banyakkkk hal yang baru.

Pertama soal kemandirian. Tinggal enam tahun di asrama, terpisah dengan ummi dan abi,bukan berarti gue mandiri sepenuhnya. Karena di asrama, kerjaannya Cuma belajar, ke masjid, main, jajan beresin kamar cuci piring dan ngurusin organisasi ketika kelas 11. Pekerjaan rumah lain seperti cuci, jemur, setrika, belanja, masak, sapu dan pel asrama itu ada staff yang kita panggil “ummi” yang akan mengerjakan semuanya.


Jadi sesampainya gue di sini, maka sesibuk-sibuknya gue, harus tetap bertanggung jawab atas baju yang gue pakai, bertanggung jawab atas perut yang harus gue isi, bertanggung jawab atas area rumah yang harus gue bersihin. 

Bulan pertama saat gue masih jadi pengangguran, semua kerjaan gue kerjakan dengan rajin dan suka cita. Tapi semakin lama, apalagi ketika masuk semester dua, gue semakin sok sibuk. Maka hampir semua kerjaan gue rapel, kecuali makan. Soalnya kalo makan, bukan lagi di rapel, malah terlupakan. Sampe-sampe abi sempet nyuruh gue makan dengan catering supaya gue ga usah masak lagi dan terjamin bisa makan tiga kali sehari, tapi gue tolak. Tidak, biarkan gue belajar bertanggung jawab terhadap perut gue sendiri *tsahh. Alhamdulillahnya sih, gue belum pernah sakit yang gitu-gitu amat walaupun perut jarang keisi.
*** 
Kedua, soal kuliah. Ya walaupun pada awalnya gue semangat masuk Unsyiah, tapi pada akhirnya sedikit-banyak menyesal dan bertanya kepada Tuhan, kenapa gue masuk Unsyiah? Kenapa nggak ke Turki? UI, ITB UNPAD, UGM atau IPB? Kenapa gue harus kuliah di sini? Kenapa gue masuk ke universitas yang ga pernah gue impikan sebelumnya? 

Hahah, yah tapi pada akhirnya begitulah cara Allah ngajarin gue tentang sebuah penerimaan, tentang kepercayaan bahwa Dia gak akan ‘ngasih’ kalo itu bukan yang terbaik buat hambaNya. Juga tentang bersyukur, agar gue gak terus-terusan ‘mengutuk’ suatu takdir padahal di sisi lain, masih buanyakkk nikmat yang Allah kasih ke gue. Tentang melihat sesuatu dari sisi yang lain, ya mungkin di satu sisi Unsyiah ga ngasih apa yang lo pengenin, tapi di sisi lain, ada banyak kelebihan yang bisa lo rasain dengan keberadaan lo di Aceh ini. Bukan soal tempat dimana kita kuliah, tapi ini soal bagaimana kualitas diri kita, buktinya? banyak. Jadi sok bijak nih -.-

Awalnya lagi, gue yang bener-bener takut sama kuliahan kedokteran karena banyak cerita ‘horor’ yang beredar di telinga gue sehubungan dengan proses belajar di jurusan ini. Ada yang di-drop out di tengah jalan, belajar ampe tengah malem, ngafalin buku terus, kuliahnya lama dan lain-lain. Tapi Alhamdulillah, sekarang gue suka aja sama pelajaran-pelajarannya. Dan semoga gue bisa bener-bener jadi asdos anatomi *wish*.

Pada saat semester dua gue baru sadar, kalo selama kuliah gue sama sekali ga pernah ngitung lagi. Padahal dulu pas SMA kerjaannya ngitung mulu, secara matematika, fisika, kimia dilawan. Apalagi pas bimbel SBMPTN, tiada hari tanpa ngitung. Dan sekarang, gue benar-benar tidak melakukan kegiatan itu lagi. Belajar di kodekteran itu, baca, baca, baca, baca lagi, baca terus, terus aja baca sampe mabok. Sampe buku-buku super tebal itu meresap masuk ke otak lo ketika lo jadiin bantal pas tidur.

Kekangenan gue untuk menghitung kadang terobati sama Hanip yang kadang suka nanya soal-soal latihan SBMPTN-nya dia buat gue bantu cari jawabannya, makasih anyip :3 semoga hasil SBMPTN keduanya sesuai dengan harapan, ya ^^
***
Ketiga soal anak manusia yang abis bertapa 6 tahun di goa suci dan kemudian ditendang keluar dari goa lalu mendarat di provinsi paling barat-nya Indonesia. Gimana rasanya? Rasanya itu hiks banget :’) ga tau gimana bilangnya. Tapi gue pengen bilang kalo gue sama sekali ga pernah nyesel 6 tahun di sana. Sama sekali enggak. 6 tahun yang merubah dan membuat gue lebih kuat dan kece B) dalam menyikapi kehidupan *mulai ngelantur*. 
Pokoknya, secara implisit maupun eksplisit, al-kahfi ngasih arahan ke gue, kemana gue harus melangkah setelah lulus dari sana. Di posisi mana gue harus berada, dan apa yang harus gue pertahankan ketika kuliah.
***
Keempat adalahhh.. gue jadi mengerti (sedikit) tentang dunia otomotif. Lebay -.- . maksudnya gue jadi tau gimana cara ngerawat motor. Yang tadinya cuman ngerti cara makenya doang, sekarang gue udah tau kapan harus ganti oli, bersihin busi, servis motor. Bisa nge-engkol motor buat dipanasin pagi-pagi. Nge-doorsmer motor. Dan gue jadi tau gimana caranya ngebut, heheh. Dan dengan motor gue bisa bebas kemana-mana sampe ke ujung dunia. Ini yang gue suka kalo lagi di Aceh, mau kemana-mana tinggal pergi, dan ga perlu mikirin macet. Apa itu macet? Hahaha.
***
Kelima, quran atau kegiatan tahfidz. Oh God, gue tutup muka aja deh. Rasanya gamau ditulis, tapi tahfidz juga salah satu sesuatu yang super penting dan ga bisa gue tinggalin. Target muroja’ah (ngulang hafalan) gue ga tercapai banget. cuman dapet beberapa juz doang. Malu banget sama Allah. Kayaknya hidup susah banget gitu, ampe murojaahnya juga lama-lama di-nomor-dua-kan

Ya, mulai semester tiga ini, harus rajin masuk tahfidz lagi dan harus jadi prioritas! Soalnya tuh emang kerasa banget bedanya hidup ketika gue rajin banget murojaah sama ketika gue mulai jauh dari murojaah. Memang benar, kalau kita mengejar akhirat, maka dunia bakal ngikutin dengan sendirinya. Tapi kalau kita ngejar dunia, akhiratnya wassalam sudah. 

Dan.. gue ga boleh menjadi korban ghazwul fikrinya orang yahudi yang pengen menghilangkan Al-Quran dari jiwa para pemuda islam! Kalahin mereka, Wa!!!
***
Keenam, ketujuh, kedelapan, kesembilan, masih banyak sekali. tapi kayaknya ini curhat-an udah kebangetan panjangnya. Udahan, ah. Gue mau packing buat balik ke Jakarta ntar siang. Belom lagi sapu dan pel rumah dan setrika dan lain-lain
Jadi intinya, tahun pertama gue di Aceh adalahhhh.. sesuatu. Ya memang begitu takdir Allah selalu sesuatu. Walaupun awalnya menyesal, tapi sekarang walaupun kadang masih ada sedikiit rasa kepengen punya jas kuning hehe, gue harus bersyukur. Karena kesempatan gue buat berkontribusi di sini mungkin jauh lebih besar daripada di tempat lain. 

14-15 juli 2014
Bumi Serambi Mekkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar