Minggu, 25 Januari 2015

Edisi nonton film

"Ketok aja, atau panggil aja Cicik (Kakek), gak papa"

Aku masih terpaku di depan jendela kamar cicik. Panggil, enggak, panggil, enggak.
Duh, ga enakan banget udah 2 kali ngeganggu cicik malem-malem gini. Sebenarnya ada satu pilihan lagi, lewat rumah bibi. Tapi ga enak juga, rumah bibi jauh lebih sering kuketuk malam-malam, entah sudah berapa puluh kali.
Ya, walaupun aku tau, orang yang sudah tua memang akan mudah sekali dibangunkan dari tidurnya, tapi.. ah. Tak tega.

"Panggil aja ciciknya, kak iwa" Ujar Bunda (Tante) sekali lagi. Tiga orang bocil memandangiku dibalik bunda.

Huft, maafin kak iwa, Cik. "Cicik..", dan benar saja. Tak butuh waktu lama untuk mendengar jawaban dari cicik.

Detik itu aku berjanji, akan berusaha tidak pulang larut malam lagi saat pintu rumah telah terkunci rapat.
***
Eit, bukan.. bukan itu yang mau diceritakan. Intro yang sedikit gak nyambung memang.

Beritanya adalahhh.. just watched! "Assalamu'alikum Beijing".

Yuhuu maap ya kalo telat, tapi gimana dong, filmnya baru aja diputer perdana di Aceh. Mulai hari ini sampe besok. Tadi aja pas ngabarin ke ummi, reaksinya singkat padat dan jelas "telat, kami udah lama nonton itu". Oke fix ummi mungkin ga paham anaknya lagi kuliah dimana.

Sebenernya sama sekali gaada rencana nonton. Tadinya pengen nonton sama ade-ade liqoan dan tiba-tiba batal karena mereka pada belajar buat olimpiade. Yaudah deh pasrah. Eh, sorenya diajakin Ammah Susan (ammah berarti tante dalam bahasa arab) buat nemenin ammah nonton. Katanya, biar ada temen, soalnya penonton ikhwan-akhwat dipisah, jadi ammah sama ammi (ammi berati om dalam bahasa arab), suaminya, bakalan terpisah duduknya.
Dan rejekinya adalah.. tiketnya promo gitu beli 2 gratis 1. Jadilah gue gak mengeluarkan uang sepeserpun.
***
Film nya..
Awalnya dikirain tentang akhwat yang berusaha teguh pada prinsip islam di tengah komunitas agama lain. Akhwat yang kemudian membuktikan pada mereka bahwa ajaran islam adalah ajaran yang paling 'manusiawi', paling indah dan paling sempurna. Tak ada yang perlu ditakuti dibalik hijab seorang muslimah atau peci putih seorang muslim.
Atau.. akhwat yang menemukan cahaya islam yang ternyata tak kalah cemerlang dari negeri asalnya, Indonesia.

Awalnya sih..

Ternyata setelahnya.. biasa.. cinta-cinta ala sinetron gitu. Rebutan perempuan, dan tokoh laki-laki atheis mendapat hidayah melalui tokoh perempuannya, trus ntar yang salah satunya ada yang sakit sampe parah banget, trus pasangannya akan menerima dia apa adanya. "Cinta yang sempurna tidak butuh fisik yang sempurna". Terus mereka menikah. Ulalala

Hah, sebagai jomblo cerdas, berakal dan beriman.. cukup sadar, kisah cinta tak akan seindah romantisme sinetron.
Jadi yaa.. buat jomblo akut macam kite ni, tak usahlah berekspektasi terlalu elok. *kok jadi melayu gini *skip

Tapi gue menghargai dan kagum sama usaha tokoh utama perempuannya untuk tetap teguh menjaga hijab pada laki-laki yang bukan mahram (ini baru akhwat kece B)) seperti nggak salaman, ya walaupun gue panik juga pas Jung-jung bacain cerita di tembok cina, dan pas mereka boncengan naik sepeda atau pas ashma mau ngeraba muka jung jung. "Ehh.. aduhh jangan. Ah. Ga mahram eh. Yahhh" oke, mungkin reaksi gue beda sendiri. Tapi ga sampe diliatin orang orang kok, kan suaranya kecil heuheu.

Dan gue bingung mencari alasan untuk nangis di saat udah ada suara-suara tangisan dari depan-belakang dan.. dari sebelah kanan gue! Ammah susan nangis, dan gue? Masih meratapi nasib jomblo, eh. Maksudnya.. hellow ini kisah cinta biasa.
***
Tapi tetep, ada nilai positif yang bisa gue ambil:
1. Keep smile! Ashma kalau gak lagi sedih, kerjaannya senyummm mulu. Smile, its sunnah :)
2. Udah sih itu aja yang kesimpen di otak hehe ^^v
***
Ada quote yang gue suka banget..

"Hidup itu sederhana. Kalau kita percaya kehendak Allah, swt"
Yap! Anda benar sekali Mas Jung-jung. Keren banget muallaf bisa ngomong gini.
Menurut gue kalimat ini punya makna yang dalam, banget.

Seenggaknya menuntun kita buat husnudzon sama Allah.
Hey, gausah dibawa pusing, sederhanakan saja. Percaya bahwa Allah menyayangi kita u.u

Selanjutnya mengingatkan bahwa, gantungkanlah segala harapamu padaNya, karena Allah adalah sebaik-baik tempat bergantung

Bukankah kita adalah 'pensil' yang merencanakan kehidupan, lalu Allah mengurangi atau menambahkan sesuai dengan kehendaknya?
Trus kalau ternyata kemauan kita gak sejalan sama kehendaknya Allah? Dont worry, kaliii.. 

Hayo buka lagi Al-Quran nya yang udah kelamaan di lemari, nyangkut di selipan buku. Surat Al-Baqarah ayat 216. Udah buka? Udah baca terjemahannya? Gimana? Simpel, kan? Kan udah dibilangin sama Mas Jung-jung, Hidup itu sederhana.
***
Selesai nonton, huft masih jam 10 ternyata. Dikira bakal sampe jam setengah 11. Dan mampir dulu ke swalayan untuk membatalkan janji menginap, karena deket dan tadi udah bilang kalo malam ini bakal nginep di sana. Pas mau balik ke rumah malah dititipin 2 orang bocil buat dibonceng karena mereka mau nginep di rumah Darussalam. Satu bocil lagi dibonceng sama Bunda, emaknya. Baiklah, sebagai Kakak sepupu yang baik hati, gue membawa 2 bocil dengan sepenuh hati selamat sampai tujuan. 

Rumah,
Jan 24th 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar